Ini Dia Brand Lokal yang Punya Konsep Sustainable Fashion

Hai YOTers! Tau gak sih kalo Indonesia itu punya berbagai brand lokal fashion yang mengusung konsep sustainable fashion. Sustainable fashion yaitu praktik mode yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sosial. Keren banget kan? Selain bisa berkarya melalui produk dihasilkan, kita juga berkontribusi dalam menyelamatkan dan menjaga lingkungan.

Apa aja sih brand lokal yang mengusung konsep sustainable fashion ini? Yuk kita simak!

Baca juga:

Bangga! 5 Brand Lokal Terbaik Ini Sukses Mendunia

[KUIS] Yuk Tes Pengetahuanmu Tentang Brand!

5 Brand Lokal yang Rilis Produk Masker Kain saat Pandemi, Unik dan Inspiratif!

1. Sejauh Mata Memandang

Keren! Ini Dia Brand Lokal yang Punya Konsep Sustainable Fashion - sejauh mata memandang

Brand fashion yang didirikan oleh Chitra Subyakto ini membuktikan cinta bumi lewat pemilihan material yang digunakan. Selain itu, brand ini juga mengutamakan kesejahteraan para pengrajin, sampai usaha brand ini untuk mengurangi limbah. Sejauh Mata Memandang menggunakan Tencel, yaitu serat pakaian alternatif berbasis selulosa yang mudah terurai.

Oh ya, kalo kamu ngeh, scarf yang dipake Dian Sastro di film AADC 2 itu koleksinya Sejauh Mata Memandang lho!

Baca juga: Yang Muda yang Berkarya, Ini Dia 7 Anak Muda Indonesia yang Sukses Dikenal Dunia

2. Lanivatti

Keren! Ini Dia Brand Lokal yang Punya Konsep Sustainable Fashion - lanivatti

Brand fashion yang berfokus pada travel attire ini berawal dari kegelisahan sang pendiri, Nicoline Patricia Malina. Di mana Nicoline tidak bisa menemukan pilihan brand travel attire yang nyaman, fashionable dan fungsional.

Dari sini lah Nicoline memiliki ide untuk menciptakan brand fashion untuk para traveler yang gak cuma stylish dan nyaman, tapi juga bersifat sustainable dan ramah lingkungan.

Kepedulian Nicoline terhadap menumpuknya sampah tekstil dan pakaian yang tidak lagi terpakai sampai buruknya kondisi kesejahteraan pekerja industri fashion jadi concern Nicoline membuat brand fashion yang sustainable.

Nicoline menjamin kalo 90% bahan pakaian Lanivatti menggunakan bahan yang biodegradable atau dapat terurai, seperti Tencel. Oh ya, pembuatan bajunya juga dikerjakan secara teliti, jadi produknya juga bisa bertahan lama dan bisa digunakan bertahun-tahun mendatang.

3. Rupahaus

Keren! Ini Dia Brand Lokal yang Punya Konsep Sustainable Fashion - rupahaus

Rupahaus berdiri dari kepedulian Founder & Creative Director, Stephanie Chandra atas kekayaan tekstil Indonesia yang kehilangan jati dirinya karena proses produksinya yang tradisional digantikan dengan mesin yang berbahaya bagi lingkungan. Belum lagi ditambah menjamurnya fast fashion yang berpengaruh terhadap pengrajin tekstil yang beralih menjadi buruh industri.

Nah, karena itu lah Rupahaus hadir sebagai brand yang mengusung sustainable fashion untuk menjaga lingkungan dan mempertahankan warisan tradisi.

Rupahaus yang merupakan kolaborasi antara tim desain yang berbasis di Australia dan pengrajin tekstil di desa-desa kecil Indonesia hadir dengan memadukan tradisi desain leisure wear yang chic dengan proses handmade dan bahan natural yang gak merusak lingkungan. Oh ya, sebagian profit yang didapat juga diinvestasikan kembali pada komunitas pengrajin desa lho.

Baca juga: Rekomendasi Podcast Lokal Inspiratif

4. Cinta Bumi Artisans

Keren! Ini Dia Brand Lokal yang Punya Konsep Sustainable Fashion - Cinta Bumi Artisans

Brand yang berdiri di tahun 2015 ini berawal dari fieldwork sang Founding Artist, Novieta Tourisia selama dua tahun terkait budaya di Poso. Ia menemukan fakta bahwa budaya dan tradisi pembuatan barkcloth atau ranta (sebutan untuk kulit kayu dalam bahasa lokal di Lembah Bada) yang berusia ratusan tahun hampir punah karena berkurangnya pengrajin yang diakibatkan berbagai faktor.

Dari kepedulian akan budaya itu lah, Cinta Bumi Artisans hadir yang bekerjasama dengan 29 pengrajin dan penenun di Bali yang menghasilkan produk ramah lingkungan.

Cinta Bumi Artisans menggunakan material kulit kayu yang berasal dari Lembah Bada dan kain serta serat alami yang dihasilkan melalui proses yang etis dan pewarnaan alami, sehingga gak akan merusak lingkungan. Bahkan, banyak Negara yang tertarik dengan konsep sustainable fashion yang diusung brand ini, seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat dan Singapura.

5. Osem

Keren! Ini Dia Brand Lokal yang Punya Konsep Sustainable Fashion - osem

Brand fashion yang berdiri di tahun 2014 ini mengusung seni melipat, mengikat dan mewarnai kain atau jumputan. Osem yang dibentuk oleh lima orang sahabat berlatar jurusan Arsitek dan Arsitek Interior UI ini dari awal emang hanya ingin bermain dengan warna biru yang dihasilkan dari pewarna alam dari tumbuhan Indigofera Tinctoria, yang juga ngebuat produk Osem jadi lebih ramah lingkungan dan sosial.

Selain itu, mereka juga menggunakan kain yang berasal dari serat alam, kayak katun, linen, rami dan serat alam lainnya. Gak hanya itu, mereka juga punya prinsip less/zero-waste, jadi kalo ada sisa bahan akan dijadikan produk yang lebih kecil atau bekerja sama dengan label lain yang bisa meng-upcycle sisa kain tersebut.

Osem juga mengurangi limbah dengan gak menggunakan resleting dan kancing berbahan plastik. Kerennya lagi, sebagai bagian sustainable fashion, Osem juga mengedepankan fair trade, yang artinya Osem membayar upah pekerja sesuai dengan standar kondisi kerja yang baik.

Nah itu dia YOTers, brand lokal yang mengusung sustainable fashion. Keren kan kalo bisa menjaga lingkungan lewat produksi sandang yang dihasilkan. Yuk kita dukung langkah baik mereka dengan menggunakan pakaian yang ramah lingkungan.

Yuk Tes Pengetahuanmu! Seberapa Tahu Kamu Tentang Brand?

[qsm quiz=17]

Lebih banyak artikel menarik seputar karier, bisnis, dan dunia perkuliahan untuk kamu!