3 Beasiswa dengan Syarat Wajib Pulang

Di masa kini ada banyak beasiswa yang memberikan kesempatan para generasi muda untuk melanjutkan studi di luar negeri. Ada beragam beasiswa yang memberikan persyaratan berbeda. Salah satu syaratnya, yakni penerima beasiswa diwajibkan untuk pulang ke tanah airnya.

Tidak jarang para mahasiswa yang melanjutkan studi di luar negeri lebih betah di negari rantauan daripada memutuskan kembali ke rumah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya mendapat teman akrab yang membuat betah di negeri orang.

Berikut ini 3 beasiswa  yang mewajibkan penerimannya kembali pulang setelah selesai studi.

Beasiswa Chevening

Beasiswa ini dibiayai oleh pemerintah Inggris (Foreign and Commonwealth) yang ditujukan pada mahasiswa internasional yang ingin studi S2 di universitas Inggris. Beasiswa ini memberikan biaya kuliah, tunjangan hidup, transportasi, tunjangan kedatangan dan kepulangan. Setelah menyelesaikan studi ini, wajib untuk kembali ke negara asal.

Baca Juga:

Tips Lolos Beasiswa LPDP dari Dokter Celline Wijaya

Manfaat TOEFL dan IELTS untuk Karir Ataupun Pendidikan

Contoh Surat Rekomendasi untuk Beasiswa

Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan lembaga yang memberikan beasiswa bagi mahasiswa S2 dan S3. Beasiswa ini diperuntukkan bagi para mahasiswa berprestasi di bidang akademik dan keterampilan non akademik. Beasiswa ini memberikan biaya kuliah, tunjangan hidup, transportasi, biaya visa, tunjangan keluarga dan asuransi kesehatan. Setelah menyelesaikan studi ini, wajib untuk kembali ke negara asal.

Beasiswa Fullbright

Beasiswa Fullbright merupakan beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat. Beasiswa yang berdiri sejak 1946 ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 selama dua tahun dan S3 selama tiga tahun. Beasiswa ini memberikan biaya kuliah, tunjangan hidup, komputer dan asuransi kesehatan. Setelah menyelesaikan studi ini, wajib untuk kembali ke negara asal.

Buat kamu yang lagi cari inspirasi seputar kuliah dan karir bisa kunjungi youtube Young On Top. Ada Beragam konten menarik, loh!