4 Alasan Mengapa Marah Itu adalah Hal yang Baik

4 Alasan Mengapa Marah Itu adalah Hal yang Baik

Kalau kamu kira marah-marah hanya membawa dampak buruk, ternyata marah punya efek positif lho. Seorang penulis, Charles Duhigg melalui situs The Atlantic menjelaskan bahwa marah memberikan dampak baik bagi kesehatan. Penulis buku ‘Smarter Faster’ dan ‘The Power of Habit’ ini juga menghabiskan waktu setahun untuk meneliti penyebab kemarahan yang paling umum di Amerika Serikat, terutama pada iklim politik yang kerap berubah. Dari penelitiannya ini, ia menemukan bahwa dampak dari marah tidak seburuk yang kita bayangkan atau kita ketahui selama ini.

Berikut ini adalah 4 alasan kenapa marah adalah hal yang wajar dan baik:

  1. Membuat Kamu Lega
    Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh seorang profesor di Massachusetts at Amhert Psychology, James Averill, terungkap bahwa marah bisa membuat seseorang lebih bahagia, lega dan optimis. Begitu juga dengan penelitian yang dilakukan oleh Dacher Keltner dari The Berkeley Social Interaction Lab, Amerika Serikat yang mengatakan bahwa otak merasakan kemarahan dalam hal positif.
    “Jika membandingkan otak pada orang yang sedang mengalami kemarahan dengan otak pada orang yang sedang bahagia, keduanya tampak sama,” kata Dacher.
  2. Membantumu Bernegosasi
    Masih dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Averill, terungkap bahwa orang-orang yang marah cenderung bisa memecahkan masalah dengan baik. “Pada kasus yang luas, kemarahan bisa membuat semua pihak menjadi mau mendengarkan, cenderung bicara jujur, serta lebih akomodatif terhadap komplain orang lain,” tulis Duhigg dalam artikelnya di The Atlantic.
    buy amoxicillin generic https://buynoprescriptiononlinerxx.com/amoxicillin.html over the counter

    Tetapi, intensitas marah tetap harus diperhatikan tentunya.
    Peneliti dari Rice University juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang marah dengan intensitas yang sedang lebih bisa menegosiasikan keinginannya daripada mereka yang sangat marah atau sedikit marah. Hal ini disebabkan karena mereka yang marah secara berlebihan dianggap tidak pantas oleh orang lain.
    buy stromectol online possibilitiesclinic.com/wp-content/themes/hello-elementor/includes/settings/php/stromectol.html no prescription
  3. Mampu Menumbuhkan Motivasi
    Marah juga bisa membuat seseorang termotivasi, baik untuk hal baru yang akan dikerjakan ataupun berubah menjadi seseorang yang lebih baik. Duhigg sendiri memandang fenomena ini pada politik Amerika, dimana ia percaya bahwa politisi sukses akan menang karena mereka memanfaatkan kemarahan orang lain dan menginspirasi mereka untuk memberikan suaranya.
    Selain itu, Yeager juga mengungkapkan bahwa kemarahan bisa memicu kreativitas dan menumbuhkan inisiatif. Hal ini dipercaya adanya kemungkinan terciptanya sebuah perubahan.
  4. Marah Membuat Kita Berbicara Lebih Jelas
    Sering kali kita ‘menyaring’ kata-kata terlebih dahulu sebelum dikomunikasikan ke orang lain agar tidak menyinggung. Tapi, ‘penyaringan’ ini justru membuat makna atau maksud yang ingin disampaikan menjadi tidak jelas. Dengan marah, kamu akan mengatakan apa yang kamu rasakan dengan jujur dan membuat makna nya sampai kepada orang yang dituju.
    buy priligy online possibilitiesclinic.com/wp-content/themes/hello-elementor/includes/settings/php/priligy.html no prescription

    Ken Yeager, PhD, LISW yang juga Clinical Director dari Stress, Trauma and Resilience Program di Ohio University Wexner Medical Center pun juga mengatakan hal ini, “seringkali orang sibuk memikirkan bagaimana bicara sopan, namun pada proses tersebut mereka kehilangan arti sebenarnya yang ingin disampaikan.”

Nah itu dia 4 alasan kenapa marah itu adalah hal yang baik. Tapi, balik lagi ya, marah juga harus ada alasannya. Jangan hanya karena emosi sesaat atau gak suka sama seseorang, akhirnya membuat kamu marah-marah tanpa sebab.