Memulai Bisnis di Usia Muda? Mungkin Gak Sih?

memulai bisnis di usia muda mungkin gak sih

Halo YOTers! Pernah kepikiran memulai bisnis di usia muda? Dalam era teknologi yang terus menerus berkembang ini, peluang membuka bisnis tentunya semakin besar, jenis bisnis nya pun semakin beragam, dari barang sampai jasa.

Nyatanya, sudah banyak anak muda yang berhasil memulai dan berhasil menjalankan bisnisnya. Meski jaminan untuk berhasil 50:50, jangan jadikan itu menjadi alasan untuk takut memulai ya YOTers! Karena, meskipun gagal, pasti YOTers bisa mendapatkan pelajaran yang dapat YOTers terapkan untuk usahanya di kemudian hari!

Baca Juga: 5 Entrepreneur Sukses yang Berani Buka Usaha di Usia Muda

Nah, artikel ini bakal ngebahas tips dan trik untuk memulai usaha di usia muda nih YOTers! Yuk, disimak!

Tips Memulai Bisnis di Usia Muda

ini dia beberapa tips dan trik untuk YOTers!

1. Memulai Bisnis yang Sesuai dengan Passion

Apabila YOTers memulai bisnis yang sesuai dengan passion, pastinya YOTers akan senang menjalani prosesnya, dari proses mengulik, sampai dengan eksekusi. Mungkin hal ini akan berbanding terbalik apabila YOTers membuka usaha hanya karena ingin terlihat keren, kemungkinan usaha YOTers bertahan akan sangat kecil.

2. Perbanyak Riset

Memperbanyak riset sebelum membuka bisnis dapat meningkatkan kemungkinan bisnis yang YOTers jalankan berkembang. YOTers bisa meriset beberapa usaha yang sama dengan jenis usaha yang YOTers jalankan, lihat mengapa mereka bisa berhasil, pelajari cara-cara yang mereka gunakan. Namun, jangan lupa untuk meriset mereka yang gagal juga, belajar dari kesalahan yang mereka lakukan agar YOTers terhindar dari kesalahan yang mereka lakukan.

3. Cari Mentor

Mentor dapat membantu bisnis YOTers mencapai level lebih tinggi. Karena, mentor bisa bertugas untuk mengingatkan atau memberi ide-ide yang dapat YOTers terapkan di dalam bisnis yang YOTers jalankan. Bagaimana cara mencari mentor yang cocok? YOTers dapat memulai proses mencari mentor dengan mengikuti komunitas-komunitas pengusaha yang ada.

4. Jangan Boros

YOTers harus selalu memperhatikan alur keuangan di bisnis yang sedang YOTers jalankan. Bukan rahasia umum lagi bahwa bisnis yang baru jalan sangat memerlukan dana yang ada. Optimalkan dana yang saat ini YOTers miliki, jangan melakukan pengeluaran yang tidak penting seperti biaya marketing yang berlebihan, atau pengeluaran yang tidak penting lainnya.

5. Berkolaborasi dengan Partner yang Tepat

Berkolaborasi akan sangat membantu perkembangan bisnis yang YOTers jalani apabila memilih partner kolaborasi yang tepat.

Sukses di usia muda bukan hal yang sulit kok, seperti yang dijelasin dalam video dari kanal YouTube Young On Top ini!

Jadi bagaimana nih YOTers setelah mendengar pesan di atas? Semakin semangat gak sih untuk memulai bisnis? Semangat ya YOTers!

Baca Juga: Leaders “Selalu” Berpikir Positif

YOTers, jangan lupa dengan Event terbesar dari Young On Top! YOTNC2022 kembali dihadirkan secara offline di Jakarta! Persiapkan diri YOTers buat dateng ke acara besar Young On Top untuk dapatkan inspirasi secara langsung dengan berbagai narasumber keren! Langsung daftar disini! atau YOTers bisa langsung click gambarnya 🙂

yotnc2022