Kamu Ingin Membangun Sebuah Brand? Ayo, Ikuti 3 Resep Jitu Ini!

Hai Kompasianers! Kamu sedang ingin membangun sebuah brand? Ada 3 resep jitu yaitu Harus Jelas, Harus Konsisten, dan Harus Berdampak. Berikut penjelasan lebih rinci 3 Cara membangun sebuah brand supaya bisa mendapat rasa kepercaayaan serta memberi daya tarik versi penulis:

1. Jelas 

Sumber Gambar : Freepik/freepik

Pastikan brand kamu mempunyai hal unik yang ingin ditonjolkan. Mengutip dari perkataan Panji Pragiwaksono “Sedikit lebih beda lebih baik, dibanding sedikit lebih baik”. Gunakan tips ATM (Amati – Tiru – Modifikasi) dari penulis yaitu:

  • Amati = Kamu perlu melihat disekitar lingkungan apakah sudah ada brand yang seperti milikmu. Atau lihatlah apa yang lingkungan kamu butuhkan saat ini.
  • Tiru = Kamu bisa meniru model bisnis brand kompetitor atau yang sudah ada. Namun bukan berarti semuanya kamu tiru ya. Supaya tidak dibilang plagiarisme.
  • Modifikasi = Pastikan ada yang berbeda dari brand milik mu.

2. Konsisten

Sumber Gambar: Freepik/storyset

Lakukan secara terus menerus, jangan kadang ada kadang tidak ada. Hal tersebut bertujuan untuk membangun citra sekaligus meningkatkan pengenalan brand. Semakin sering kamu melakukan, maka semakin besar kesempatan brand kamu dikenal orang lain. Kamu bisa menggunakan platform media  sosial untuk melakukan branding yang menjangkau target audience.

3. Berdampak

Sumber Gambar : Freepik/storyset

Pastikan brand yang kamu bentuk dapat menjawab keinginan dan kebutuhan lingkungan sekitar. Kamu juga perlu berkolaborasi dengan brand lain lho! Setiap brand mempunyai target yang berbeda – beda. Berkolaborasi punya tujuan untuk memperbesar dan menyebarluaskan dampak positif keberadaan brand kamu lho! Dan tentunya dapat saling melengkapi keperluan sekaligus kepentingan satu sama lain.

Nah, itu 3 resep jitu membangun sebuah brand supaya bisa mendapatkan rasa kepercayaan dan memberi daya tarik kepada calon konsumen.  Semua perlu waktu yang lama dan tidak ada proses yang instan, jadi jangan lupa untuk menikmati setiap proses. Jangan lupa YOTers untuk selalu berlatih dan memperbaiki kesalahan. See You On Top!

Penulis: Muhammad Arif Arofah – Director Marcomm YOT Bekasi Batch 7 2022

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Kamu Ingin Membangun Sebuah Brand? Ayo, Ikuti 3 Resep Jitu Ini!”, Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/muhammadarifarofah4696/6281b5e271913722ad4ba155/resep-membangun-brand