Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar Kita

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Pengamatan terhadap lingkungan hidup adalah tindakan yang sangat penting. Dikarenakan sejarah perkembangan manusia dan dampaknya pada lingkungan hidup, ketika manusia semakin bertambah banyak, kebutuhan terhadap sandang, papan dan pangan pun akan ikut bertambah, yang dapat membuat lingkungan hidup dieksploitasi secara berlebihan. Penebangan pohon dihutan-hutan yang ada untuk lahan tempat tinggal, populasi ada dimana-mana, bahkan sampah yang tidak dapat didaur ulang, serta adanya pemanasan global dan sebagainya.

Lingkungan hidup itu sendiri, dapat terbagi atas 3 bagian, yaitu :

1). Lingkungan Alami, dimana pengertiannya adalah lingkungan asal di bumi seperti hutan belantara yang ada dipulau yang tidak berpenghuni serta dilindungi oleh Undang-Undang,

2). Lingkungan Binaan, dimana pengertiannya adalah lingkungan yang sudah direkayasa oleh manusia, seperti lingkungan dikota-kota besar, daerah yang dapat dengan penduduknya. Lingkungan binaan ini, tergantung dari persediaan energi, sumber daya, dan rekayasa manusia untuk bertahan hidup, serta

3). Lingkungan Sosial Budaya, dimana pengertiannya adalah lingkungan yang bersifat abstrak, yaitu lingkungan yang dipengaruhi oleh sosial dan budaya yang ada di daerah setempat.
Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997, 1). Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan peri-kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain; 2)Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup; 3). Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup adalah upaya sadar dan terencana, yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumber daya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan; 4). Ekosistem adalah tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan poduktivitas lingkungan hidup; 5). Pelestarian fungsi lingkungan hidup adalah rangkaian upaya untuk memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup; 6). Daya dukung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung peri-kehidupan manusia dan makhluk hidup lain; 7). Pelestarian daya dukung lingkungan hidup adalah rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan/atau dampak negatif yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan, agar tetap mampu mendukung peri-kehidupan manusia dan makhluk hidup lain; 8). Daya tampung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan/atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan ke dalamnya; 9). Pelestarian daya tampung lingkungan hidup adalah rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan/atau komponen lain yang dibuang ke dalamnya

Adapun tujuan dari mengamati lingkungan sekitar kita adalah untuk mendeskripsikan bagaimana setiap organisme yang ada di bumi ini sangat berhubungan satu dengan yang lainnya dan sangat berhubungan juga dengan lingkungannya. Komponen yang ada dilingkungan hidup secara sederhana adalah tanah, air, dan udara. Jadi, baik itu manusia, hewan, bahkan tumbuhan sekalipun sangat bergantung kepada ketiga komponen tersebut. Jika tidak ada tanah yang sebagai tempat sekaligus media untuk bertumbuhnya segala jenis tanaman, bagaimana bisa tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan subur. Begitu juga halnya, jika tidak ada air, bagaimana bisa tumbuhan tumbuh dengan baik serta bagaimana bisa, kita sebagai manusia dapat bertahan hidup tanpa adanya air. Begitu juga halnya, jika tidak ada udara, maka kita tidak bisa bernapas, karena kita bernapas juga harus butuh udara. Oleh sebab itu, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan sangat berhubungan dengan tanah, air, dan udara. Maka dari itu, pentingnya kaum muda untuk dapat menjaga lingkungan hidup kita, karena jika lingkungan hidup kita terganggu, maka kita pun akan merasakan dampak tersebut.
Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan hidup, yaitu : 1).Faktor Alam, dimana, kerusakan lingkungan hidup tersebut terjadi karena adanya bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, dan gunung meletus.

2). Banjir, selain karena ulah manusia, banjir juga dapat terjadi karena faktor alam, misalnya hujan yang terus-menerus. Curah hujan seperti ini akan membuat sungai meluap atau membuat tanggul jebol karena tidak mampu lagi menampung debit air. Banjir yang sering terjadi saat musim penghujan dapat membuat bangunan dan tempat tinggal makhluk hidup rusak, lapisan tanah yang subur hilang terbawa air, serta tanaman-tanaman rusak.

3). Gempa Bumi, terjadi karena adanya pergerakan lempeng bumi atau aktivitas gunung berapi dan dampaknya bergantung pada besarnya kekuatan gempa. Gempa bumi akan mengakibatkan banyak bangunan yang roboh, terjadi tanah longsor, dan terputusnya jalur transportasi. Jika kekuatan gempa sangat besar, kemungkinan akan menimbulkan tsunami.

4). Gunung Berapi Meletus, saat meletus, gunung berapi akan mengelurkan abu vulkanik, lahar, lava, uap panas, dan material lainnya yang dapat merusak lingkungan. Dampak dari letusan tersebut dapat berlangsung lama bergantung pada besarnya kekuatan letusan, tetapi saat kembali normal, daerah yang terdampak letusan akan menjadi subur. Letusan gunung berapi akan mengakibatkan gangguan pernapasan, gas beracun, kerusakan lingkungan, bahkan dapat mematikan lingkungan sekitar.

5). Faktor Manusia, selain faktor alam, faktor manusia juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan hidup, seperti membuang Sampah Sembarangan, dimana pada saat ini, masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan, terutama di sungai. Hal ini akan mengakibatkan banjir jika musim penghujan tiba.

6). Limbah Industri, dimana, limbah industri ini dapat berasal dari pabrik dan rumah tangga. Jika tidak dikelola dengan tepat, limbah-limbah tersebut akan merusak lingkungan hidup.

7). Menebang Hutan Secara Liar, dimana pada saat ini, luas hutan di Indonesia semakin berkurang karena maraknya aksi penebangan liar. Hutan yang gundul tidak dapat meresap dan menahan aliran air hujan sehingga dapat terjadi banjir dan longsor.

Oleh sebab itu, pentingnya kita untuk memelihara dan menjaga kelestarian dari lingkungan hidup kita, karena jikalau lingkungan hidup kita bersih, maka, status kelangsungan hidup kita tidak akan terganggu dan lingkungan ini akan segar dan asri. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membuat sebuah quotes untuk kaum muda pada masa saat ini, “Ayo, Selamatkan bumi, hindarilah hal-hal yang akan merusak lingkungan hidup karena dapat membahayakan keberlangsungan hidup semua makhluk hidup yang ada di alam semesta ini, jikalau bukan kita yang memelihara dan menjaga lingkungan hidup ini, Siapa lagi? Kalau bukan sekarang kita selamatkan bumi kita, Kapan lagi? Oleh sebab itu, selagi masih muda, marilah kita tingkatkan power dan semangat kita dalam menjaga lingkungan, Dari Kita, Oleh Kita, dan Untuk Kita”-Regina Pacis Nurcahaya