Organisasi Dalam Kampus Itu Apa Aja Sih? Yuk Simak Penjelasannya Di Bawah Ini!

Kampus merupakan tempatnya belajar serta menimba ilmu pengetahuan bagi mahasiswa. Kampus juga menjadi tempat media berekspresi bagi mahasiswa, karena ada berbagai kegiatan di kampus yang bisa anda ikuti sesuai dengan minat ataupun hobi anda sehari-hari. Selain itu kampus juga menjadi wadah bersosialisasi antar Mahasiswa dari fakultas satu dengan lainnya. Itu semua bisa kamu wujudkan dengan bergabung di organisasi-organisasi yang ada di kampus kalian.

Organisasi adalah suatu wadah yang menampung lebih dari satu orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi di kampus tidak hanya menjadi tempat pembelajaran, namun mahasiswa dilatih untuk lebih mandiri dan berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Beragam jenis organisasi yang umumnya ada di kampus-kampus di Indonesia, antara lain :
1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
3. Lembaga Dakwah Kampus (LDK)
4. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)
5. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Manfaat apasih yang bisa kita dapat ketika bergabung dalam sebuah organisasi?Sebenarnya, manfaat yang dirasakan oleh setiap orang yang bergabung dalam sebuah organisasi itu berbeda-beda. Setiap orang memiliki alasan yang berbeda ketika bergabung dalam sebuah organisasi, maka sudut pandang penilaian manfaatnya pun pastilah berbeda. Impact yang di dapatkan tergantung pada bagaimana pengaruh organisasi itu membentuk pola pikir dan pola belajar kita ketika bergabung di dalamnya. Ketika pola pikir kita dengan organisasi sejalan, maka kita akan merasa betah di dalam organisasi tersebut, namun jika pola pikir kita tidak sejalan, maka apapun yang kita lakukan di dalam organisasi tersebut akan terasa sia-sia.

Berikut akan saya rangkum dampak postif dan dampak negatif ketika memgikuti organisasi dalam kampus. Adapun  dampak positifnya yaitu :
1.Melatih diri untuk menjadi seorang pemimpin (Leadership)
2. Menambah Wawasan
3.Belajar mengatur waktu
4. Mengasah Kemampuan Sosial
5. Problem Solving dan Manajemen Konflik
6. Memperluas jaringan atau Networking
7. Membentuk Pola pikir yang baik
8. Meningkatkan Kemampuan berkomunikasi

Adapun dampak negatifnya yaitu :
1. Menjadi kurang fokus untuk belajar di kelas
2. Jika tidak pandai membagi waktu, maka kuliah yang utamanya adalah untuk belajar menjadi terbengkalai
3. Mengikuti organisasi juga memerlukan uang yang dibutuhkan untuk pembelian baju, attribut, dan lain-lainnya.

Untuk itu, jika kamu memang ingin bergabung dalam organisasi kampus, maka kamu harus memiliki time management yang baik supaya dampak positif yang ada di organisasi tersebut bisa kamu dapatkan dengan maksimal dan tentunya tidak mengganggu proses belajarmu di kampus, sehingga organisasi berjalan, prestasi pun meningkat. -Irma