Bisnis kalian sepi? Coba cek pelanggan kalian!

source: canva

Pasti banyak di antara kalian memiliki ide dalam membangun sebuah bisnis baik berupa barang ataupun jasa. Dan banyak dari kalian merasa apakah akan sukses ide bisnis saya? Sebenarnya untuk kesuksesan dalam sebuah itu tidak 100% gambling atau untung-untungan akan tetapi ada ilmu dan teknik di dalamnya. Salah satu yang akan kita bahas pada kali ini adalah customer validation.

Apa itu Customer Validation?

Jadi singkatnya Customer validation adalah sebuah aktivitas dasar kita untuk mengukur respons dari pelanggan atau pengguna terhadap produk yang diusulkan.

Untuk apa adanya Customer Validation?

Customer Validation hadir untuk kita sebagai pemilik bisnis mengetahui apakah produk/jasa yang kita buat itu akan digunakan atau tidak. Jadi perlu adanya sebuah validasi supaya produk//jasa kita dapat menjadi jawaban bagi permasalahan pelanggan. Sehingga pelanggan membeli produk kita karena di hal tersebut dibutuhkan.

Bagaimana sih tahapan membuat Customer Validation?

  • Buat list para potential customer

Pertama yang akan kalian lakukan yaitu membuat daftar pelanggan potensial bisa individu, instansi atau organisasi yang sedang kalian targetkan. 

  • Cari tahu backgroundnya

Sebelum menuliskan nama pelanggan kalian bisa cari tahu latar belakang mereka bisa melalui google ataupun linkedin supaya kalian tidak salah interview orang. Jika semakin mendekati konsep semakin kuat juga dia untuk bisa kamu jadikan potential customer.

  • Approach

Hubungi mereka untuk diajak diskusi bisa melalui platform online maupun offline disarankan secara face to face. Hal ini bertujuan supaya kalian mendapatkan insight yang banyak tentang customer mu

  • Buat list pertanyaan

Buat list pertanyaan supaya tidak terlewat informasi yang ingin kalian tanyakan kepada potential customer. Dan jangan lama-lama 30 menit cukup untuk menggali informasi hal yang perlu diingat walaupun membuat daftar pertanyaan jangan terlalu kaku saat interview nanti.

  • Dengerin dulu keluh kesahnya

Walaupun baru kenal di sarankan kalian untuk akrab layaknya teman lama dan dengarkan keluh kesahnya tentang apa yang mereka sedang hadapi. Dengarkan keluh kesahnya terlebih dahulu untuk solusi kita tawarkan belakangan.

  • Kenapa

Tanyain juga ke mereka kenapa mereka sampai di titik struggle nya karena kalian dapat menggali lebih banyak data untuk lebih mengerti isu apa yang sedang terjadi.

  • Kumpulkan Data

Kumpulkan data dari setiap customer yang kalian tanyakan hingga mendapatkan garis besar persoalan yang harus diselesaikan.

Jadi dengan adanya tahap Customer Validation nantinya kalian akan lebih mengetahui permasalahan dari pasar yang sedang kalian target.

Penulis: Rajendra Nohan

Leave a Reply

Your email address will not be published.