3 Negara dengan Nilai Mata Uang Tertinggi di Dunia

Mata uang tertinggi

Menurut Euro Change, lebih dari 100 mata uang saat ini sudah diakui dan beredar di berbagai belahan dunia. Mata uang sendiri merupakan alat pembayaran yang sah dan telah disetujui oleh masyarakat dan pemerintah.

Dari banyaknya mata uang yang beredar, untuk saat ini nilai mata uang tertinggi dipegang oleh Kuwait. Sedangkan, untuk nilai mata uang terendah dipegang oleh Iran. Berikut ini info selengkapnya mengenai 3 mata uang dengan nilai terkuat di dunia.

 

1. Dinar Kuwait (KWD)

Negara dengan cuaca sangat ekstrim ini menempati posisi pertama negara dengan nilai mata uang tertinggi di dunia. Nominal 1 KWD setara dengan Rp. 48.159. Hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat perekonomian Kuwait yang kuat di sektor perminyakan dunia.

Bahkan, Kuwait menjadi negara dengan cadangan minyak bumi terbesar dan memperoleh pendapatan global 80% dari industri perminyakan. Selain itu, Kuwait juga tidak akan terpengaruh oleh klasifikasi atau inflasi karena aset yang dimilikinya. 

 

2. Dinar Bahrain (BHD)

Serupa dengan Kuwait, Bahrain juga memiliki mata uang yang tinggi karena perekonomiannya yang kuat di sektor perminyakan dan gas. Nominal 1 Dinar Bahrain (BHD) setara dengan Rp. 39.213. Nilai ekspor minyak Bahrain yang tinggi turut berpengaruh pada kuatnya mata uang BHD.

 

3. Rial Oman (OMR)

Rial Oman atau OMR adalah mata uang negara Oman, yang mengandalkan sebagian besar pendapatan globalnya dari cadangan minyak dunia yang mereka miliki. Nominal 1 OMR setara dengan Rp38.496.

Kekuatan negara ini berada pada rasio utang terhadap PDB yang rendah. Sehingga, Oman menjadi negara yang menarik bagi para investor untuk menjaga mata uang tetap kuat. Bahkan, Oman berhasil mempertahankan nilai mata uangnya selama lebih dari 50 tahun, lho

 

Nah, itu dia 3 negara dengan nilai mata uang tertinggi di dunia. Kira-kira Indonesia bisa menyusul mereka tidak, ya?

 

Rekomendasi Buat Kamu Baca

 

Butuh Inspirasi?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi dan motivasi lainnya, bisa kunjungi konten tentang self development, tips karir, dan masih banyak lagi hanya di Youtube Young On Top di bawah ini.