5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android – Kejadian menghapus foto yang penting di perangkat Android bisa menjadi momen yang mengecewakan, tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengembalikan foto yang terhapus. Berikut adalah lima metode yang dapat membantu Anda pulihkan kenangan berharga tersebut:

10 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Baca Juga:

1. Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android: Album Sampah (Trash)

Sebagian besar perangkat Android menyertakan fitur “Album Sampah” yang menyimpan foto yang dihapus untuk jangka waktu tertentu sebelum benar-benar dihapus. Buka aplikasi Galeri atau Foto, cari opsi “Album Sampah” atau “Tempat Sampah,” dan pilih foto yang ingin Anda pulihkan untuk mengembalikannya ke galeri utama.

2. Google Foto

Jika Anda menggunakan Google Foto, periksa apakah sinkronisasi otomatis foto ke akun Google Anda diaktifkan. Kunjungi situs web Google Foto (photos.google.com) di perangkat Anda atau aplikasi Google Foto, buka “Trash” dan pilih foto yang ingin dipulihkan. Tekan “Pulihkan” untuk mengembalikannya ke galeri perangkat.

3. Aplikasi Pemulihan Data Pihak Ketiga

Ada berbagai aplikasi pemulihan data pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan foto yang terhapus. Beberapa aplikasi ini memerlukan akses root pada perangkat. Cari dan instal aplikasi yang andal, seperti DiskDigger Photo Recovery atau Dr.Fone, dan ikuti petunjuknya untuk memulihkan foto.

4. Pemulihan File dengan PC

Hubungkan perangkat Android Anda ke komputer dan gunakan perangkat lunak pemulihan file untuk memindai perangkat. Pilih foto yang ingin Anda pulihkan dan simpan ke lokasi yang aman di komputer Anda sebelum memindahkannya kembali ke perangkat Android.

5. Cadangan Google Drive

Pastikan Anda mengaktifkan fitur cadangan dan sinkronisasi Google Drive di perangkat Android Anda. Buka aplikasi Google Drive, cari folder “Foto” atau “Galeri,” dan pilih foto yang ingin Anda pulihkan. Cadangan di Google Drive dapat membantu memulihkan foto yang terhapus dalam beberapa hari terakhir.

Penting untuk diingat bahwa semakin cepat Anda mengambil langkah-langkah pemulihan setelah menghapus foto, semakin besar kemungkinan untuk mengembalikan foto tersebut. Selain itu, sebagai tindakan pencegahan, secara teratur cadangkan foto Anda ke Google Foto atau layanan penyimpanan cloud lainnya untuk melindungi dari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.