5 Cara Menghadapi Pasangan Yang Selingkuh

Ketika pasangan kamu selingkuh, biasanya kamu akan merasakan kecewa, terkhianati dan merasa bodoh. Kamu akan merasakan berbagai macam emosi bergejolak dalam diri kamu. Hal ini bisa mengakibatkan kamu mengalami stres dan putus asa, bahkan overthingking.

 

Kamu juga bertanya-tanya “mengapa ia bisa selingkuh?”, dan “apa yang harus aku lakukan?”. Jika kamu mengalami kebingungan tentang apa yang harus kamu lakukan, kamu dapat menerapkan 5 langkah berikut ini!

  1. Jangan pernah menyalahkan diri kamu sendiri

Banyak orang yang ketika diselingkuhi malah mempertanyakan apa kesalahan yang telah ia lakukan sampai-sampai pasangannya tega untuk menyelingkuhinya. Padahal, kamu adalah korban dalam hubungan ini.

Berhenti untuk menyalahkan diri kamu karena ini akan membuat kamu menjadi lebih mudah untuk memaafkan kesalahannya. Jika pasangan kamu merasa bosan kepada kamu, langkah bijak yang bisa ia ambil adalah berkata jujur kepada kamu tentang apa yang ia rasakan. Itu lebih baik daripada ia berselingkuh dengan orang lain.

  1. Beri waktu untuk diri kamu sendiri

Kamu bisa ambil beberapa hari untuk menenangkan diri kamu. Karena biasanya seseorang yang diselingkuhi pasangannya akan sulit untuk menerima kenyataan yang terjadi.

Kamu bisa menyendiri selama beberapa hari untuk menentukan keputusan yang akan kamu ambil. Kamu harus memastikan pasangan kamu meminta maaf apakah karena benar-benar menyesal atau karena ketahuan oleh kamu.

Ketika kamu akan memberi keputusan mengenai kelanjutan hubungan tersebut, kamu bisa mempertimbangkan bahwa kamu berhak berada dalam hubungan yang sehat dimana pasangan kamu sangat menyayangi kamu dan membuat kamu menjadi orang yang teristimewa.

  1. Tanyakan kebenarannya kepada pasangan kamu

Setelah kamu sudah mulai menerima permasalahan tersebut, ajaklah pasangan kamu untuk membicarakan permasalahan ini. Kamu dapat mencari kebenaran dari perselingkuhan ini dan menjadikannya sebagai pertimbangan untuk membuat keputusan kamu. Beberapa pertanyaan yang kamu ajukan adalah

  • Berapa lama kamu berselingkuh?
  • Berapa cewek yang jadi selingkuhan kamu?
  • Apakah ada perasaan serius yang terlibat dalam hubungan itu?
  • Mengapa kamu melakukan ini?
  • Apakah hubungan itu sudah berakhir?
  • Apakah ia bisa menjamin kalau hubungan tersebut tidak terjadi lagi?.
  1. Buatlah keputusan yang rasional

Setelah kamu mengetahui kebenarannya, kamu bisa memilih antara 4 keputusan ini, yaitu:

  • Tetap bersama
  • Putus
  • Break atau istirahat sebentar
  • Pertimbangkan alternatif lainnya.

Kamu harus membuat keputusan yang bijak dan rasional. Jangan membuat keputusan yang irasional hanya karena kamu masih sayang kepadanya.

Jika kamu merasa ada yang masih bisa diperbaiki, maka perbaikilah hubungan tersebut. Namun, jika tidak ada lagi yang bisa diperbaiki, segeralah tinggalkan dia. Karena jika kamu semakin lama membuat keputusan dengannya, hal tersebut hanya membuat kamu semakin merasa rasa sakit dan membuatmu semakin larut dalam kesedihan.

  1. Fokuslah untuk upgrading diri

Kamu dapat memilih saran pemulihan (healing) dengan fokus untuk upgrade diri. Kamu dapat memilih kegiatan-kegiatan yang dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi, seperti berlibur ke suatu tempat, rajin berolahraga, mencoba hal baru, dan menambah keterampilan baru kamu.

Semoga 5 langkah diatas dapat membantu kamu untuk tau cara menghadapi pasangan kamu yang selingkuh. Yang paling penting, jangan pernah kamu menyalahkan diri kamu jika pasangan kamu selingkuh, ya.