4 Fakta Menarik Bulan Desember, Arti Namanya Bikin Kaget!

Fakta menarik bulan desember

Memasuki Desember, artinya kita sudah hampir di penghujung tahun. Bulan Desember identik dengan dengan momen libur panjang, dan menghabiskan sisa jatah cuti dalam setahun. Namun, ada fakta menarik bulan Desember yang kamu perlu tahu. . Apa aja sih, YOTers?

 

1. Sinar Matahari Paling Sedikit

Selain jadi bulan pergantian musim dingin di belahan bumi bagian Utara dan pergantian musim panas di belahan bumi bagian Selatan. Bulan Desember juga jadi penanda salah satu fenomena unik dari sepanjang tahun, yaitu saat sinar matahari paling sedikit di bumi.

Di negara 4 musim, Desember adalah saat musim dingin. Sementara di negara tropis seperti Indonesia, Desember menjadi musim hujan di mana sinar matahari lebih sedikit menerangi. Di Inggris, Desember adalah saat di mana sinar matahari paling sedikit sepanjang bulan.

 

2. Awalnya Hanya Ada 30 Hari

Awalnya bulan Desember terdiri dari 30 hari kemudian dipersingkat menjadi 29 hari ketika bulan Januari dan Februari ditambahkan pada sekitar tahun 700 SM. Selama reformasi kalender Julian, dua hari ditambahkan pada bulan Desember sehingga menjadi 31 hari hingga saat ini.

 

Baca Juga

 

3. Bulan ke-10

Wah, apa nih maksudnya? Bukannya Desember itu bulan ke-12 ya? Ini karena Desember atau December berangkat dari kata latin ‘decem‘ yang artinya ‘sepuluh’.¬†Dalam kalender Romawi, bulan ke-1 dimulai dari bulan Maret dan berakhir hingga bulan ke-10 yang merupakan bulan Desember.

Kemudian bulan Januari dan Februari diciptakan dari periode tanpa bulan dan ditambahkan ke awal kalender, yaitu bulan kesatu dan kedua, tetapi Desember tetap mempertahankan namanya meskipun posisinya berubah menjadi bulan ke-12.

 

4. Nama Lain Bulan Desember

Anglo-Saxon memberikan nama Desember sebagai ‘Yule Monath’ yang berhubungan dengan kebiasaan membakar kayu Yule selama bulan ini. Walaupun praktik ini mulai hilang dari waktu ke waktu, beberapa diantaranya di belahan bumi lain masih merayakannya.

Nama baru untuk Desember muncul setelah banyak orang Anglo-Saxon memeluk Kristen. Sejalan dengan kepercayaan baru mereka, mereka menyebut Desember sebagai ‘Heligh Monath’ yang jika diterjemahkan menjadi ‘Bulan Suci’.

 

Baca Juga

 

Nah, itu dia 4 fakta menarik bulan Desember yang bisa kamu ketahui. Di bulan ini juga akan ada perayaan penting seperti natal dan tahun baru. YOTers udah tahu belum nih mau liburan ke mana?

 

Butuh Inspirasi?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi dan motivasi lainnya, bisa kunjungi konten tentang self development, tips karir, dan masih banyak lagi hanya di Youtube Young On Top di bawah ini.