5 Manfaat Meditasi saat Pandemi, Bisa Bantu Lawan Penyakit Lho!

5 Manfaat Meditasi saat Pandemi, Bisa Bantu Lawan Penyakit Lho

Gak bisa dipungkiri bahwa pandemi virus Covid-19 telah memengaruhi banyak aspek dalam kehidupan. Dampaknya, banyak orang yang akhirnya stres dan rentan terserang penyakit karena daya tahan tubuh yang menurun. Untuk menghadapi kondisi tersebut, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi tingkat stres yaitu dengan melakukan meditasi. Selain dapat mengurangi stres, manfaat meditasi juga sangat banyak, terlebih pada saat pandemi YOTers.

Sudah tahu apa saja manfaatnya? Kalau belum, simak informasinya berikut ini.

1. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Baca berbagai berita atau scrolling media sosial terkait pandemi tentunya bisa menimbulkan kecemasan yang dapat memicu stres . Dilansir dari hellosehat, saat stres kadar hormon kortison di dalam tubuh akan meningkat dan tubuh akan melepaskan bahan kimia perangsang peradangan yang disebut sitokin.

Sitokin ini bisa membuat kita depresi dan cemas sehingga membuat kita rentan terkena penyakit. Nah, dengan melakukan percobaan ini terbukti dapat menghilangkan rasa cemas.

Fakta tersebut juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan New York University. Hasil penelitian mereka menemukan bahwa meditasi 15 menit per hari selama delapan minggu berturut-turut dapat membantu mengurangi kelelahan dan kecemasan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam kondisi seperti sekarang ini tentunya tubuh akan mudah terserang penyakit, mulai dari demam, flu, hingga pilek. Saat terserang penyakit, biasanya orang langsung meminum obat-obatan untuk mengurangi gejala yang dirasakan.

Memang hal tersebut tidak lah salah. Namun, YOTers juga bisa mencoba melakukan meditasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita pun tidak mudah terserang penyakit.

Seperti yang dalam sebuah studi bahwa orang yang berolahraga dan berpikir lebih cepat dari flu atau pilek dibandingkan dengan yang kurang aktif dan hanya mengandalkan obat-obatan saja.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Rasa cemas yang timbul karena adanya pandemi juga bisa berimbas pada kualitas tidur yang memburuk hingga mengakibatkan insomnia. Akhirnya banyak orang yang terpaksa mengonsumsi obat tidur untuk mengatasi kondisi tersebut.

Perlu YOTers ketahui bahwa efek samping obat-obatan berbahaya bagi kesehatan di masa mendatang. Lalu apa yang perlu kita lakukan untuk mengatasi insomnia?

Para ahli merekomendasikan untuk melakukan meditasi guna meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dibuktikan dengan sebuah studi yang membandingkan dua kelompok peserta, yaitu mengikuti program yang dilakukan dan tidak. Hasilnya, peserta yang mengikuti meditasi bisa lebih cepat dan nyenyak dibandingkan yang tidak melakukan meditasi.

Sebab dengan melakukan meditasi dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh  sehingga kita bisa lebih rileks dan tidur lebih baik.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tahu gak sih YOTers? Cemas dan stress juga bisa memicu darah tinggi loh! Saat tekanan darah meningkat, biasanya jantung akan bekerja lebih keras untuk memantau darah yang nantinya akan berdampak pada gangguan fungsi jantung.

Nah, ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi otot jantung. Fakta adanya manfaat meditasi ini juga telah dibuktikan oleh dr. Herbert Benson dari Harvard Mind Body Medical Institute yang mengatakan bahwa meditasi bisa peredaran darah ke otak dan menghilangkan stres.

5. Baik untuk Kesehatan Mental

Manfaat melakukan meditasi saat pandemi berikutnya yaitu mampu membuat pikiran menjadi lebih positif. Bila pikiran positif, maka tubuh pun akan meresponnya dengan baik.

Seperti yang dijelaskan dalam jurnal Behavioral Brain Research yang terbit pada 2019 membuktikan bahwa meditasi dapat meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan seseorang. Dengan begitu, kesehatan mental pun akan terjaga.

Nah itu dia 5 manfaat meditasi saat pandemi. Yuk luangkan waktu selama 15 menit setiap hari untuk meditasi! Agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar, usahakan mencari tempat yang tenang agar kamu bisa fokus. Selain melakukan meditasi, kamu juga perlu mengisi waktu luangmu dengan melakukan kegiatan yang positif. Seperti ikut seminar atau bisa juga gabung bersama komunitas.

YOTers, jangan lupa dengan Event terbesar dari Young On Top! YOTNC2022 kembali dihadirkan secara offline di Jakarta! Persiapkan diri YOTers buat dateng ke acara besar Young On Top untuk dapatkan inspirasi secara langsung dengan berbagai narasumber keren! Langsung daftar disini! atau YOTers bisa langsung click gambarnya 🙂

yotnc2022

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir, bisnis, dan dunia pendidikan? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karir dan dunia kuliah untuk kamu!