5 Persiapan Sebelum Sidang Skripsi

Sidang skripsi merupakan perjuangan terakhir mahasiswa untuk mendapatkan tanda kelulusan.  Sidang menjadi pengalaman paling sakral yang harus dipersiapkan dengan baik. Sidang skripsi biasanya terdiri dari empat orang, yakni mahasiswa, dosen pembimbing dan dua penguji.

Sidang skripsi digunakan universitas untuk mengukur kemampuan mahasiswa selama kuliah. Selain itu, bukti karya ilmiah berupa skripsi juga sebagai bukti bahwa mahasiswa mampu memahami berbagai teori yang telah dipelajari selama kuliah.

Berikut ini 5 persiapan sebelum sidang skripsi.

Berkas Keperluan Sidang

Saat melakukan siding skripsi secara luring, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Misalnya presensi dan berita acara.

Slide Presentasi Menarik

Slide presentasi yang menarik akan membuatmu mendapat nilai tambah. Selain itu, tampilan slide yang kreatif juga tidak akan membuat penguji dan pembimbing bosan memperhatikan presentasi darimu.

Baca Juga:

2 Wanita Hebat Di Bidang Teknologi

Berbagai Drama Skripsi dan Tips Mengatasinya

Tiga Kiat Kurangi Risiko Stres Akibat Drama Skripsi

Menghubungi Pembimbing dan Penguji

Sebelum hari pelaksanaan siding skripsi, ada baiknya kamu menghubungi kembali konfirmasi kehadiran para dosen. Hal ini untuk memastikan jadwal dan mempersiapkan diri agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

Membaca Skripsi Ulang

Seminggu sebelum sidang skripsi dilaksanakan, ada baiknya kamu fokus untuk mempelajari skripsi kembali dan melihat apakah ada kesalahan dalam penulisan. Selain mengecek kesalahan, kamu juga dapat memahami kembali skripsimu.

Garis Bawahi Hal-Hal yang Mungkin Ditanyakan

Sembari membaca ulang skripsi, gunakan waktu itu untuk menandai tulisan yang menurutmu paling penting. Seperti teori-teori yang mungkin akan ditanyakan oleh pihak penguji dan dosen pembimbing.

Buat kamu yang lagi cari inspirasi seputar kuliah dan karir bisa kunjungi youtube Young On Top. Ada Beragam konten menarik, loh!