5 Soft Skill Penting Buat Anak Muda

soft skill

5 Soft Skill Penting Buat Anak Muda

Anak muda sekarang punya pressure yang lebih tinggi dari pada anak muda di zaman dulu. Kenapa? Ya sekarang tuh semua serba cepat, berkembang dan penuh persaingan. Anak muda sekarang ga bisa cuma fokus dengan apa yang mereka pelajarin di sekolah, tapi udah harus agile dan menguasai beberapa soft skill yang berguna.

Hal ini erat kaitannya sama perkembangan teknologi yang makin canggih, dimana ilmu udah gak terbatas hanya di sekolah, karena itu tuntutan kerja  akan semakin tinggi.

Gimana kita ngadepinnya? Ada beberapa soft skill yang perlu dikuasai buat bisa survive di era sekarang ini, khususnya bagi anak muda yang mau berkembang dan yang lagi menyisakan waktunya.

Soft Skill Penting Buat Anak Muda

1. Tingat EQ yang Tinggi

Ga bisa dipungkiri, semakin majunya perkembangan teknologi, semakin banyaknya akses buat dapetin ilmu pengetahuan. Ini yang buat ada semakin banyak orang pintar diluar sana, salah satunya kamu nih, yang sedang belajar di video ini.  Apa yang kamu lakuin ketika, lets say kamu adalah first jobber yang sedang bersaing buat dapetin kerjaan. Artificial Intelligence akan saring CV  dan tempatin kamu dengan para pesaing yang serupa. Sekarang tugas kamu buat menangin pertempuran ini.

Tapi, Apa yg akan kamu lakuin ketika memiliki kualifikasi yang sama? Well it’s easy, gunain kecerdasan emosional kamu sekarang, yang mana itu adalah kemampuan buat mengerti orang lain dan diri sendiri. EQ terdiri dari :

  • Self-Awareness
  • Self-Regulation
  • Motivation
  • Empathy
  • Social Skills

Tapi apa pengertian dari kecerdasan emosional?

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan.

Kecerdasan emosional itu ga kalah penting dengan dengan kecerdasan intelektual. Dan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional itu dua kali lebih penting daripada kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang.

2. Menguasai Beberapa Platform Digital

Sebuah hal yg bagus loh, ketika kamu bisa gunain Twitter, Facebook, Instagram dan Tiktok dengan baik, tapi tau ga, itu doang ga cukup. Anak muda zaman sekarang perlu mengetahui semua digital platform yang ada, dan yg terpenting, platform tersebut bisa berguna untuk menunjang kesuksesan kamu.

Pinterest, Line, YouTube, Quora, Tumblr, LinkedIn, itu semua beberapa platform yg kamu harus pada kuasai. 4 Juta orang di dunia menggunakan Internet setiap harinya. total Jumlah Pengguna Internet di Indonesia pada bulan Januari 2021 mencapai 202,6 juta orang, meningkat 16% dari tahun 2020. Artinya angka tersebut akan terus meningkat di tiap tahunnya.

Dari angka yg tadi, penting untuk YOTers menguasai berbagai platform digital, semakin banyak platform digital yang kamu kuasai, semakin memudahkan kamu untuk meraih sukses.

Kenapa?

Karena dengan kamu menguasai berbagai platform digital kamu akan terus bisa up to date dengan informasi penting yang belum tentu orang lain bisa dapatkan. Ga semua orang punya kesempatan untuk menerima sebuah informasi. Kamu yang sudah prepare dan menguasai berbagai platform, dapat selangkah lebih maju. Selain itu, kamu yang terbiasa dengan berbagai digital platform ini bisa menggunakannya untuk memudahkan pekerjaan kamu.

3. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Gak jarang kita jumpai beberapa case yang mengotak-kotakin tipe seseorang dengan kemampuan komunikasinya. Ada yang bilang “yah aku kan introvert, jadi ga bagus komunikasinya”. Terus ada lagi yang bilang “yah kamu kan extrovert, jadinya pasti bagus komunikasinya”.

Nah, YOTers, yang sering kita miskonsepsi adalah, komunikasi ini adalah skills yang bisa kamu pelajari dan kuasai tanpa melihat tipe kepribadian kamu seperti apa. Kemampuan ini bukanlah sesuatu yang natural yg bisa kamu dapatin semenjak lahir, tapi kemampuan yang bisa dipelajari dan kembangkan.

Kemampuan yang ga ada satu orang pun bisa rebut dari diri kamu.

Ada beberapa hal yang kamu harus lakuin untuk menghindari perasaan selalu benar dalam berkomunikasi. Benar-benar mendengarkan, be an equal, aware dengan tone suara dan body language, be yourself, dan yg terpenting adalah it’s not about you. Ketika online, kita harus ikutin Netiquette rule, etiket ketika berada di jaringan dunia maya. Jangan sebutin kalimat kepada seseorang di online yang ga pernah mau kamu sebutin ketika bertemu langsung.

4. Memiliki Curiosity yang Tinggi

Rasa ingin tahu itu adalah salah satu faktor terbesar untuk kesuksesan kita. Ngebawa kita buat selalu bertanya, belajar hal baru, belajar dari yang lain, dan cari cara untuk lakuin sesuatu lebih baik lagi.

Orang-orang yang punya rasa ingin tahu itu mau mengerti banyak hal, artinya akan keluarin effort untuk mencari tahu apa lagi yang perlu dilakukan, kenapa, dan bagaimana peran mereka untuk bisa mengerti lebih banyak hal lagi. Dan ketika orang tersebut mengalami kendala, maka akan langsung dianalisis kenapa ? dan lakuin lagi dengan cara yang lebih baik

5. Kemampuan Bekerja Dalam Tim

Anak muda sekarang yang selalu update akan informasi dan belajar banyak hal tekadang masih underestimate dengan salah satu soft skills ini. Ada yang mahir berbicara, ada yang mahir menyelesaikan masalah, ada yang mahir berhitung, tapi ketika di jadikan satu tim, gak bisa bekerja maksimal karena egonya.

Ada satu hal yang harus di highlight dari bekerja dalam tim ini, yaitu diversity!

Bekerja dalam Tim adalah tempat terbaik dimana kita bisa belajar dari berbagai macam kultur dan pengalaman. Kemampuan untuk menyatukan berbagai perbedaan ini yang ga semua orang miliki, ketika kamu mampu bekerja dalam tim, kamu sudah memiliki beberapa skill sekaligus. Kamu akan tau cara memimpin, menyampaikan pendapat, menyelesaikan masalah, membangun komunikasi, mengenal karakter anggota tim lainnya, membangun interpersonal skill kamu, serta tahu saatnya untuk diam dan mendengarkan dengan seksama.

Soft Skill

Soft skill ini sangatlah diperlukan ketika kamu terjun langsung ke dunia kerja dan berjumpa dengan banyaknya anak muda hebat di luar sana. Ingat YOTers, kalau kamu mau berjalan cepat, jalanlah sendiri. Sedangkan kalau kamu ingin berjalan jauh, jalanlah bersama-sama.

Itu dia YOTers soft skill penting untuk anak muda. Stay healthy and see you on top!