5 Tips Menata Kamar Kos yang Sempit dan Anti Ribet

tips menata kamar kos yang sempit

Memiliki kamar kos yang sempit membuatmu harus pintar dalam melakukan penataan. Oleh karena itu, kali ini YOT akan membahas mengenai tips menata kamar kos yang sempit dan pastinya anti ribet!

Daripada berlama-lama, kita langsung saja yuk!

 

1. Menyingkirkan Barang yang Tidak Diperlukan

Untuk kamar kos biasa dengan ukurannya kecil, kamu hanya berkutat di tempat yang itu-itu saja. Dan kelihatannya ruang yang kecil itu mengumpulkan lebih banyak barang, kotoran, dan debu yang tidak diinginkan!

Singkirkan benda yang sepertinya tidak pernah kamu sentuh, dan ruangan pun akan terlihat lebih lega. Ruang yang lega akan tampak lebih rapi, dan bonusnya, kamu tidak perlu membersihkan banyak barang!

 

2. Jangan Membeli Barang Terlalu Banyak

Ini berkaitan dengan aturan nomor satu. Kalau kamu tidak suka atau tidak akan menggunakannya, kenapa membelinya? Kamu hanya akan menambah sesak kamar saja. Jadi, pertimbangkan baik-baik saat hendak membeli barang.

 

Baca Juga

 

3. Gunakan Ruang Penyimpanan

Satu hal yang membuat kamar tampak berantakan adalah banyaknya barang yang terlihat di sana-sini. Karena itu, pastikan kamar kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Jadi, jika kamu tidak bisa menyingkirkan beberapa barang, carilah cara untuk menyimpannya di lemari. Dengan begitu, debu yang menempel di permukaan benda-benda juga akan berkurang.

 

4. Pilih Perabotan Multifungsi

Kalau perlu perabot atau furniture baru, sebaiknya kamu memilih yang multifungsi atau memiliki ruang penyimpanan tersembunyi.

Misalnya meja yang bisa dilipat. Meja tersebut juga bisa kamu pakai untuk makan, belajar/bekerja, menyetrika baju, dan bagian bawahnya bisa dipakai untuk menyimpan sesuatu. Dengan begitu, kamar kamu tidak akan terlihat sesak karena 2 atau bahkan 3 fungsi dapat disatukan dalam satu furniture.

Selain itu, sebisa mungkin pilihlah ukuran yang lebih kecil. Optimalkan pengaturan furniture untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan.

 

5. Pemilihan Warna yang Tepat

Banyak orang memilih kamar tidur berukuran kecil atau mungil agar lebih praktis dan mudah dibersihkan. Namun, salah satu kekurangan kamar tidur kecil ialah jika salah pilih warna cat dinding maka akan membuat kamar semakin sempit. Pemilihan warna cat dinding yang tepat dapat digunakan untuk menyiasati kamar yang mungil jadi terasa lebih luas.

Beberapa warna yang bisa membuat kamar kosmu terlihat luas adalah putih, abu-abu, biru, hingga warna-warna pastel.

 

Nah, itu dia 5 tips menata kamar kos yang sempit anti ribet. Yuk, jangan malas untuk menatanya! Ini semua juga demi kenyamanmu, lho!

Baca Juga

 

Butuh Inspirasi?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi dan motivasi lainnya, bisa kunjungi konten tentang self development, tips karir, dan masih banyak lagi hanya di Youtube Young On Top di bawah ini.