5 Tips Mencari Kost untuk First Jobber, Jangan Lewatkan Satupun!

Tips mencari kost

Mendapatkan pekerjaan merupakan impian semua orang, namun bagaimana jika ternyata pekerjaan yang didapat lokasinya jauh dari rumah? Jawabannya ada tiga pilihan, menolak tawaran pekerjaan, menerima dan siap menghadapi perjalanan jauh setiap harinya atau menerima namun mempertimbangkan menyewa kost-kostan yang lokasinya dekat dengan kantor.

Mungkin pilihan pertama terlalu beresiko, terutama untuk kamu yang benar-benar membutuhkan pekerjaan. Karena ada kemungkinan tawaran kerja selanjutnya tidak datang dalam waktu dekat.

Untuk pilihan kedua, mungkin dalam satu atau dua bulan tidak akan terlalu terasa. Namun jika sudah berbulan-bulan, kamu akan mulai merasakan lelah karena terlalu lama menghabiskan waktu di jalan. Dan pilihan terakhirnya hanyalah tinggal di tempat kost.

Namun masalahnya, mencari tempat kost yang nyaman tidak semudah mencari rumah kontrakan. Kamu tidak bisa asal memilih kost-kostan. Untuk memudahkan kamu, berikut tips mencari kost untuk para first jobber.

 

1. Siapkan Budget

Sebelum mencari kost-kostan, kamu perlu mempersiapkan budget terlebih dahulu. Tentukan kira-kira sebesar apa kemampuan kamu. Buatlah rencana anggaran, mulai dari harga kost, listrik hingga uang makan sehari-hari yang akan kamu habiskan selama tinggal di kost.

Untuk biaya sewa kost-kostan, biasanya kamu diberi pilihan apakah ingin membayar bulanan atau tahunan. Jika menyewa bulanan, kamu harus pintar-pintar menyisihkan uang saat sudah menerima gaji. Sedangkan jika membayar tahunan, kamu harus siap menerima resiko jika kost-kostan yang kamu tempati ternyata tidak nyaman dan mau tidak mau harus bertahan hingga masa kontrak habis.

 

2. Tentukan Lokasi

Jika budget sudah siap, selanjutnya adalah menentukan lokasi kost-kostan. Pilihlah lokasi kost-kostan yang tidak terlalu jauh namun tidak terlalu dekat dari kantor. Jika terlalu jauh, maka kamu akan mengeluarkan uang lebih untuk ongkos. Dan jika terlalu dekat, biasanya biaya kost akan jauh lebih mahal.

Kamu juga bisa menggunakan pihak ketiga seperti RoomMe untuk memudahkan kamu mencari lokasi kost-kostan yang sesuai.

 

Baca Juga

 

3. Cari Tahu Mengenai Fasilitas

Jika sudah mendapatkan list kost-kostan yang ingin disewa, kamu harus memperhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh pemilik kost. Banyak hal yang bisa kamu tanyakan kepada pemilik kos sebagai bahan pertimbangan. Mulai dari apakah tersedia wifi, letak kamar mandi didalam atau diluar bersama dengan yang lain, apa kostan menyediakan jasa cuci dan setrika, apakah tersedia dapur, sudah termasuk furniture seperti kasur dan lemari atau tidak dan apakah kostan menyediakan AC atau kipas angin.

Selain fasilitas yang sudah umum ada seperti diatas, banyak juga kost-kostan yang menyediakan fasilitas lainnya mulai dari CCTV hingga water heater.

 

4. Cek Lingkungan Sekitarnya

Langkah selanjutnya kamu harus mengecek lingkungan sekitar. Apakah daerah tersebut aman dari tindak kriminal dan apakah akses jalan menuju kostan aman dari banjir. Kamu bisa menanyakan hal tersebut kepada warga sekitar.

Pastikan juga terdapat banyak penjual makanan di lingkungan sekitar untuk memudahkan kamu mencari makanan. Karena sebagai anak kost, kamu tetap harus menjaga nutrisi. Jangan sampai lokasi kost yang jauh dari tempat makan, membuat kamu malas keluar hingga menunda makan atau membuat kamu lebih boros karena memilih untuk memesan layanan pesan antar.

 

Baca Juga

 

Butuh Inspirasi?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi dan motivasi lainnya, bisa kunjungi konten tentang self development, tips karir, dan masih banyak lagi hanya dYoutube Young On Top di bawah ini.