8 Fungsi dari Akar Teratai untuk Tubuh

Fungsi dari Akar Teratai – Suka liat drama korea atau youtuber mukbang, dan mereka sering banget makan akar teratai. Baru pertama kali denger soal Akar Teratai ini dan penasaran, kira-kira fungsinya untuk tubuh, apa ya? Eits, sini minYOT spill fungsi dari Akar Teratai, antara lain:

Baca Juga:

8 Fungsi dari Akar Teratai untuk Tubuh:

  1. Sumber Serat: Akar teratai mengandung serat makanan yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengatur pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.
  2. Sumber Nutrisi: Akar teratai mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B6, tiamin (vitamin B1), fosfor, tembaga, dan seng. Vitamin B6, penting untuk metabolisme energi dan fungsi saraf yang normal.
  3. Rendah Kalori: Akar teratai memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga cocok untuk diet yang ingin mengontrol asupan kalori.
  4. Sumber Karbohidrat: Akar teratai mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi bertahap dan membantu menjaga kadar gula darah yang stabil.
  5. Kandungan Antioksidan: Akar teratai mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.
  6. Mengandung Komponen Bioaktif: Akar teratai mengandung beberapa senyawa bioaktif, termasuk alkaloid, tannin, dan saponin, yang dapat memiliki efek positif pada kesehatan tubuh.
  7. Makanan Tradisional: Akar teratai digunakan dalam berbagai hidangan tradisional di Asia, seperti sup, tumis, dan hidangan sambal. Ini menambah variasi dalam masakan dan budaya kuliner.
  8. Obat Herbal: Dalam pengobatan tradisional, akar teratai juga digunakan sebagai bahan herbal dalam beberapa ramuan tradisional, meskipun fungsi medisnya belum sepenuhnya dipahami.

 

Nah, itu dia fungsi dari Akar Teratai untuk kehidupan sehari-hari. Selain sebagai bahan utama untuk masakan. Ternyata, Akar Teratai punya banyak sekali fungsi lain ya. 

Gimana YOTers, udah pernah cobain Akar Teratai sebelumnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.