Adaptasi Seorang Introvert

Hai YOTers!

Perkenalkan saya Akmal HR Staff Young On Top dan saya merupakan seorang introvert. Seperti kebanyakan introvert lainnya, saya tidak begitu nyaman jika berada di keramaian apalagi itu bukan bersama dengan orang-orang terdekat saya, saya lebih senang menyendiri dan terbiasa menjadi seorang pemikir dalam banyak hal saat ingin melakukan sesuatu, yang terkesan membuat saya terlihat ragu. Dengan tipe seperti ini, jujur saya cukup sulit untuk memulai sebuah pertemanan karena saya merasa ragu dan takut apakah orang lain akan menerima saya atau tidak. Meskipun begitu bukan berarti saya tidak memiliki banyak teman, saya punya banyak teman yang berharga dihidup saya karena mereka saya bisa survive hingga saat ini dan menikmati banyak pengalaman baru jika sedang bersama teman – teman saya.

Lalu bagaimana sih seorang introvert yang seperti saya bisa memiliki banyak teman? Tentu tidak mudah karena di saat saya mau memulai sebuah pertemanan atau jika saya harus berada di lingkungan baru, saya harus banyak menekan ego ketidaknyamanan saya agar bisa membuat saya nyaman  dengan lingkungan baru tersebut.

Dan berikut adalah cara saya seorang introvert untuk beradaptasi dan mendapat sebuah pertemanan baru :

  1. Seorang Pengamat

Sebagai seorang introvert disaat saya berada di lingkungan baru biasanya saya akan menjadi seorang yang pendiam, kaku dan tidak terlalu banyak bicara. Di saat seperti itu selain saya sedang menekan ego agar saya bisa nyaman, saya juga sedang menjadi seorang pengamat. Saya mengamati bagaimana kebiasaan, etika dan atau bercandaan di lingkungan baru tersebut agar saya bisa tau pikiran dan Tindakan apa yang bisa saya sesuaikan.

  1. Berfikir Kritis

Saat berada dilingkungan baru biasanya saya berusaha untuk berfikir kritis terhadap hobi atau kebiasaan masing-masing individu agar saya bisa mencari sebuah benang merah yang bisa menyambungkan saya dengan teman-teman baru saya, bisa berupa obrolan dan kegiatan yang mungkin bisa dilakukan Bersama.

  1. Bertingkah konyol

Ya didalam sebuah pertemanan biasanya saya sering melakukan tingkah yang konyol cenderung bodoh agar dapat ditertawakan dan menjadi sebuah omongan untuk mengikat saya dan teman-teman baru saya.

  1. Pendengar Terbaik

Sebagai seorang introvert, biasanya memiliki kemampuan alami yaitu menjadi pendengar terbaik. Kebiasaan seorang introvert yang suka menyendiri membuat kita tidak terlalu banyak berbicara, berbasa-basi dalam obrolan dan terbiasa mendengarkan dengan baik setiap perkataan yang disampaikan oleh orang-orang terdekat. Di saat seperti ini lah yang dibutuhkan seorang introvert seperti saya dapat berguna bagi teman-teman saya karena itu cukup banyak dari mereka yang mempercayai saya untuk mendengarkan seluruh cerita mereka baik yang rahasia ataupun yang terdalam di hidup meraka sekalipun.

Seperti itu cara saya beradaptasi dan mendapatkan pertemanan baru. Bagaimana dengan YOTers? Semoga pengalaman saya ini juga bisa membantu teman – teman introvert lainnya dalam beradaptasi di lingkungan barunya.

Selamat mencoba 🙂

 

Terimakasih,

Akmal – HR Staff Young On Top

#KataHCkita