AIESEC Future Leaders Winter Peak : Kepemimpinan untuk Masa Depan

Bogor, 4 November – 5 Februari 2022

 

“As we look ahead into the next century, leaders will be those who empower others”

-Bill Gates

 

Kepemimpinan merupakan hal yang krusial dalam keberlangsungan dan masa depan dunia. Masa depan ini dipegang oleh generasi muda sehingga pemberdayaan menjadi hal yang integral untuk mempersiapkan kita menjadi pemimpin yang berdampak. Mendukung generasi dalam mewujudkan masa depan yang gemilang, AIESEC in IPB kembali mengadakan program pelatihan kepemimpinan berdurasi 3 bulan, yaitu AIESEC Future Leaders Winter Peak. AIESEC Future Leaders sebagai wadah pengembangan diri pesertanya melaksanakan tiga agenda utama yaitu Bi-weekly Session, Networking Space, dan Activating Leadership Support.

 

Bi-weekly Session adalah sesi yang dilaksanakan dua minggu sekali untuk mengembangkan soft skills dan hard skills peserta yang sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan era saat ini. Setiap sesi tersebut dibawakan oleh speakers yang ahli dalam bidang mereka, Kessy Abreka (MCP of AIESEC in Indonesia 2020 – 2021), Arga Putra Panatagama (Area Marketing Executive di Nutrifood), Dian Mariani (Human Resource Manager di Nutrifood), Cate de Guzman (MCVP AIESEC in Phillipine 21.22), Brianna Alma Aurelia (Social Media Strategist & Designer at X8 Media), dan Hanif Fadillah (Senior Recruiting Specialist at GLG). Selain mengembangkan diri bersama speaker di setiap sesi, peserta bersama dengan coach dan co-coach berdiskusi mengenai materi yang didapat.

 

Agenda berikutnya adalah Networking Space yang dilaksanakan dua kali, National Networking Space dan International Networking Space. National Networking Space mendukung kolaborasi antara seluruh peserta AFL Indonesia. International Networking Space mendukung kolaborasi dan memperluas jaringan sosial dalam skala global untuk peserta AFL dari AIESEC in IPB. Tahun ini, AFL IPB melaksanakan National Networking Space dengan AIESEC in UGM dan AIESEC in UNS. Sementara itu, International Networking Space dilaksanakan dengan peserta dari India, Malaysia, Vietnam, Jepang, dan Pakistan.

 

Activating Leadership Support adalan program untuk mengarahkan peserta dalam melanjutkan perjalanan kepemimpinannya setelah menyelesaikan AIESEC Future Leaders. AIESEC Future Leaders menyediakan program Leaderboard dan Local Project sebagai bentuk dari Activating Leadership Support. Peserta memilih salah satu dari kedua program tersebut dimana mereka dapat menjadi volunteer atau berkontribusi dalam komunitas AFL Indonesia.

 

AIESEC in IPB berharap pelatihan yang telah diberikan dapat berdampak bagi seluruh peserta dan koneksi yang telah dibangun akan tetap berjalan. Pelatihan ini diharapkan dapat mengubah pribadi setiap peserta dan mengembangkannya menjadi pemimpin yang berkarakter, ikut memberdayakan lingkungan sekitarnya, dan membawa masa depan yang cerah.