Aku, Kamu, Apakah kita FOMO?

Penulis: Nur’aini

Tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah FOMO. FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa takut merasa “tertinggal” karena tidak mengikuti aktivitas tertentu. Sebuah perasaan cemas dan takut yang timbul di dalam diri seseorang akibat ketinggalan sesuatu yang baru, seperti berita, tren, dan hal lainnya. 

 

Rasa takut ketinggalan ini mengacu pada perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang, menjalani kehidupan yang lebih baik, atau mengalami hal-hal yang lebih baik. 

Hal ini tentunya berdampak buruk bagi kita, kenapa? Karena perasaan cemas berlebihan dapat mengganggu fokus yang berdampak pada aktivitas.

 

Salah satu penyebab FOMO adalah sosial media, banyak orang yang mempublikasikan kehidupan mereka lewat Instagram. Padahal yang dibagikan hanya satu foto atau 1 video yang berdurasi 15 detik. Lalu mengapa kita takut tertinggal?

Hanya sedikit yang dipublikasikan dan banyak yang tidak kita ketahui. Setiap orang yang membagikan kegiatan tentunya yang bahagia tanpa kita tahu proses yang mereka jalani tidaklah mudah.

 

Salah satu tanda apakah aku, kamu, itu FOMO adalah selalu melihat gadget, kebiasaan memegang gadget seakan sudah tidak bisa dihilangkan. Seseorang yang mengalami FOMO akan selalu mengecek ponsel tepat ketika bangun tidur bahkan sebelum tidur seakan tidak mau ketinggalan berita apapun.

Mulai dari sekarang, yuk kurangi hal tersebut! Biasakan diri saat bangun tidur dengan minum air putih agar membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

 

Begitu juga dengan sebelum tidur, mari membuat to do list untuk esok harinya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengatur waktu dengan aktivitas yang akan dilakukan.

Percayalah, semua orang memiliki proses masing-masing dan setiap proses itu berbeda. Jangan sampai karena FOMO membuat dirimu menjadi kehilangan motivasi. Yuk, semangat menjalani hidup!

 

Sumber Thumbnail : Pinterest

 

Baca Juga:

 

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia

 

Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.