Alasan Menguasai Bahasa Asing itu Sangat Penting untuk Kemajuan Karirmu

Sudah bukan hal baru lagi bahwa bahasa merupakan sebuah alat komunikasi antar seseorang. Tanpa adanya bahasa, komunikasi tidak akan terjalin dengan mudah.

Dalam berkarir, komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk membuat pekerjaan berjalan dengan lancar, terutama jika berhubungan dengan pekerjaan yang membutuhkan koordinasi dengan pihak lain. Hal itu tentu tidak akan menjadi masalah, apabila pekerjaan yang membutuhkan koordinasi dengan pihak lain masih dapat menggunakan satu bahasa yang sama untuk berkoordinasi guna memperlancar pekerjaan. Namun, bagaimana jika dua pihak memiliki bahasa yang berbeda? Hal itulah kenapa penguasaan bahasa asing sangat penting dalam dunia kerja yang cakupannya bisa sangat luas.

Berikut merupakan beberapa alasan lain penguasaan bahasa asing sangat penting dalam dunia kerja untuk kemajuan karirmu

Nilai plus di mata rekruter
Mungkin beberapa dari YOTers pernah melihat seleberan lowongan kerja yang mencantumkan kemampuan bahasa asing sebagai syaratnya. Entah harus menguasai Bahasa Inggris, atau Bahasa Mandarin. Namun, tak jarang beberapa rekruter tak mencantumkan persyaratan itu, tapi ketika di CV sang pendaftar mencantumkan kemampuan berbahasa asing, hal itu justru menjadi pertimbangan para rekruter untuk merekrut pendaftar tersebut atau tidak. Memiliki kemampuan bahasa asing dianggap sebuah kelebihan yang dapat menguntungkan perusahaan, terutama bagi perusahaan yang memiliki goals yang jauh. Sebuah perusahaan tentu tidak ingin hanya melangkah di tempat. Pasti ada goals besar yang ingin dicapai setelah goals kecil sudah bisa mereka raih, seperti merambah ke dunia internasional untuk memperlebar sayap bisnis mereka misalnya. Jika seperti itu, seseorang dengan kemampuan bahasa asing tentu saja menjadi incaran mereka untuk memperlancar jangkauan kerja yang lebih luas.

Kesempatan berkarir tak terbatas hanya di satu wilayah negara saja
Seseorang yang berkemampuan bahasa asing, selain mungkin dapat menguntungkan perusahaan perekrut, juga menguntungkan bagi diri sendiri. Memiliki kemampuan bahasa asing membuat seseorang bisa dengan mudah menapaki kesempatan-kesempatan kerja yang terbentang luas di luar sana, tak ada batasan wilayah negara. Kesempatan berkarir bagi mereka yang menguasai bahasa asing sangat tak terbatas. Mereka bisa bekerja di mana saja, di negara apa saja asalkan ada kesempatan dan mereka mau mengambil kesempatan itu. Berkemampuan bahasa asing sangat membantu membuka pintu peluang dalam pendidikan, maupun pekerjaan.

Membantu untuk mengubah cara pandang
Menguasai bahasa asing juga membantu seseorang mengubah cara pandang terhadap sesuatu yang mungkin jarang, atau tak pernah dialami. Belajar bahasa, berarti juga mempelajari budaya dari bahasa yang dipelajari. Memahami budaya lain membantu seseorang untuk membuka cara pandang mereka terhadap suatu hal baru yang masuk ke dalam kehidupan mereka. Cara pandang yang luas dan terbuka ini sangat penting dimiliki dalam dunia kerja. Hal itu dikarenakan, dalam dunia kerja akan terdapat banyak hal baru yang mungkin belum di alami, terutama bagi para fresh-graduate. Selain itu, cara pandang yang luas juga akan sangat membantu dalam mengahadapi karakterisitik orang yang berbeda-beda di dunia kerja yang mungkin ditemui. Biasanya, seseorang yang memiliki cara pandang yang lebih luas, akan lebih tenang dalam menghadapi seseorang atau masalah yang dihadapi karena mereka melihat sebuah masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda untuk mencari tahu cara untuk mengatasi masalah itu.

Itulah beberapa hal penting yang bisa dijadikan alasan untuk menguasai bahasa asing, terutama untuk teman-teman yang hendak mulai menapaki dunia kerja. Jadi, YOters, sudahkah kalian menguasai Bahasa Asing? Jangan sampai kalian melewatkan kesempatan untuk memperluas karir hanya karena batasan Bahasa.

 

Author : Ismi Nur Wulandari