Ambil Peran Hadapi COVID-19 dengan Tetap Jajan!

Ambil Peran Hadapi COVID-19 dengan Tetap Jajan! young on top

Hidup kayak biasa maksudnya tetep keluar rumah gitu?

Trus gak pake masker?

Eits, bukan gitu maksudnya. Hidup seperti biasa artinya tetap melakukan kebiasaan kamu seperti biasanya sebelum ada COVID-19. Entah itu kerja, olahraga, belajar dan yang mau saya highlight adalah TETAP JAJAN walaupun kamu STAY DI RUMAH.

Saya bilang tetap jajan bukan tanpa alasan. Kamu inget gak, Bu Sri Mulyani pernah bilang kalau penggerak perekonomian bangsa itu adalah UMKM (CMIIW). Nah, setelah adanya COVID-19, justru industri yang paling dirugikan adalah UMKM. Daya beli masyarakat jadi berkurang. Banyak UMKM yang terpaksa gulung tikar. Banyak juga yang merumahkan pegawainya. Belum lagi, driver ojol.

Saya sempat mengobrol dengan driver ojol saat membeli obat ke apotek (4 hari lalu). Driver ojol tersebut cerita keluar dari jam 6 pagi sampai jam 8 malam (saat saya ke apotek), baru dapat 3 penumpang. Anaknya 3 dan istrinya adalah ibu rumah tangga. Kebayangkan betapa sulitnya kehidupan mereka akibat kita yang gak jajan.

Kita yang mengubah kebiasaan kita dengan gak mau jajan udah menyusahkan banyak orang. Menyusahkan pelaku UMKM. Menyusahkan Driver Ojol. Menyusahkan negara. Menyusahkan diri kita sendiri.

Saya mengapresiasi betul teman-teman yang menggalang dana untuk korban COVID-19 ini, tapi jangan lupakan juga ya untuk jajan. Buat roda perekonomian ini tetap berjalan. Tapikan gak semua UMKM itu industrinya F&B? Iya betul, banyak seperti industri travel, sewa tenda, catering, atau dokumentasi pernikahan yang gak bisa kita bantu. Tapi, kalo masih ada yang bisa kita bantu, kenapa memilih diam?

YUK TETAP JAJAN!

IG @elvinaudya