Angkie Yudistia, Menembus Batas dari Keterbatasan

Angkie Yudistia, Menembus Batas dari Keterbatasan - Young On Top National Conference - YOTNC 2020

Sosok Angkie Yudistia sudah lama dikenal seiring dengan kontribusinya di bidang sosial atau yang biasa kita kenal dengan istilah sociopreneur. Namanya semakin melejit saat ia ditunjuk oleh Bapak Presiden Joko Widodo sebagai Staf Khusus Presiden. Mengingat sumbangsihnya untuk kehidupan sosial, Angkie dipercaya oleh Bapak Presiden Joko Widodo sebagai juru bicara nya di bidang sosial. Yuk kita bahas profil dari Angkie Yudistia yang berani #MenembusBatas dari Keterbatasan!

Hidup dengan keterbatasan, bukan jadi alasan bagi Angkie untuk gak menggali potensi diri. Di tahun 2008, Angkie mengikuti Abang None Jakarta dan terpilih sebagai salah satu finalis dari daerah pemilihan Jakarta Barat. Di tahun yang sama, Angkie juga sukses meraih penghargaan sebagai The Most Fearless Female Cosmopolitan. Hingga di tahun 2010, ia pernah ditunjuk menjadi duta Indonesia pada acara Asia-Pacific Development Center of Disability.

Menyadari banyak teman-teman disabilitas yang mengalami kesulitan untuk masuk ke dunia kerja karena kurangnya kepercayaan perusahaan untuk merekrut mereka, membuat hati Angkie tergerak untuk mendirikan social enterprise yang bisa menghilangkan masalah tersebut. Di tahun 2011, Angkie mendirikan Thisable Enterprise, sebuah social enterprise yang memiliki misi untuk memberdayakan disabilitas Indonesia secara ekonomi di dunia tenaga kerja.

“Aku tahu sulitnya mendapatkan pekerjaan. Mengerti rasanya dengan bagaimana harus bertahan hidup di antara sulitnya akses menjadi minoritas. Tapi aku berusaha untuk selalu percaya bahwa setiap disabilitas memiliki peran masing-masing dalam pengembangan. Diakui menjadi warga yang setara adalah impian setiap disabilitas dan aku berusaha untuk menjadikan itu nyata,” kata Angkie dilansir dari Tirto.

Angkie Yudistia, Menembus Batas dari Keterbatasan - Young On Top National Conference - YOTNC 2020

Angkie bersama teman-teman Thisable Enterprise

Saat ini Thisable Enterprise telah berkembang menjadi sebuah grup yang membawahi Thisable Foundation, Thisable Recruitment serta Thisable Digital. Melalui perusahaan tersebut, Angkie menyediakan pelatihan bagi SDM disabilitas agar dapat bekerja secara vokasional dan profesional. Hingga di 2017 lalu, perusahaan tersebut telah menggandeng Go-Jek sebagai mitra bisnis, di mana para teman-teman disabilitas di bawah naungan Thisable Enterprise disalurkan menjadi tenaga kerja pada sejumlah layanan transportasi online tersebut. Thisable Enterprise juga mengeluarkan sejumlah produk retail, khususnya untuk perawatan tubuh, seperti sabun dan kosmetik kecantikan.

Gak hanya itu, Angkie juga lekat sebagai sosok wanita yang penuh dengan karya. Hal itu dibuktikan lewat buku yang ia tulis. Di tahun 2011, perempuan yang berhasil meraih penghargaan Asia’s Top Outstanding Women Marketeer of The Year dari Asia Marketing Federation 2019 tersebut kembali merilis buku yang berjudul ‘Perempuan Tunarungu Menembus Batas’. Lalu dua tahun kemudian, ia kembali merilis buku ‘Setinggi Langit’ dan di tahun 2019 ia meluncurkan buku ketiganya yang berjudul ‘Become Rich as Sociopreneur’.

Angkie Yudistia, Menembus Batas dari Keterbatasan - Young On Top National Conference - YOTNC 2020

Angkie bersama Bapak Presiden Joko Widodo dan staf khusus presiden millennials lainnya

Kini, wanita yang meraih gelar sarjana dan master di LSPR Jakarta ini hanya ingin memanfaatkan kesempatan nya sebagai Staf Khusus Presiden untuk membantu teman-teman disabilitas dalam berbagai hal. Ia tidak lagi ingin kaum disabilitas dianggap sebagai kelompok minoritas, tetapi setara dengan yang lainnya. Sebagai bagian dari warga Negara Indonesia, teman-teman disabilitas memiliki hak yang sama dengan warga Negara lainnya.

Wah inspiratif banget ya kisahnya Angkie Yudistia dalam membangun Thisable dan juga visinya menjadi Staf Khusus Presiden. Semoga semangatnya bisa menginspirasi kita untuk #MenembusBatas ya!