Apa itu Cloud Computing Dan Kelebihan

Apa itu Cloud Computing

Apa itu Cloud Computing – Cloud computing adalah model komputasi di mana seperti server, penyimpanan data, jaringan, perangkat lunak, dan layanan lainnya disediakan melalui internet dan dapat diakses secara fleksibel dan on-demand oleh pengguna. 

 

Baca Juga: 

DNS Artinya: Pengertian dan Fungsi

Peran Digital Dalam Komunikasi

Apa itu Cloud Computing Dan Kelebihan 

  1. Skalabilitas: Pengguna dapat dengan mudah menambah atau mengurangi sumber daya komputasi sesuai kebutuhan mereka. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengatasi lonjakan lalu lintas atau kebutuhan komputasi tambahan tanpa investasi besar dalam perangkat keras fisik.
  2. Biaya yang Efisien: Cloud computing menghilangkan biaya perawatan dan upgrade perangkat keras fisik. Pengguna hanya membayar berdasarkan penggunaan aktual mereka, yang dapat menghemat biaya secara keseluruhan.
  3. Akses Global: Layanan cloud dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet. Ini memungkinkan pengguna untuk bekerja dari lokasi apa pun dan mengakses data mereka secara global.
  4. Perbarui Otomatis: Penyedia layanan cloud secara rutin melakukan pembaruan perangkat lunak dan keamanan, sehingga pengguna selalu menggunakan versi yang paling baru dan aman.
  5. Peningkatan Kolaborasi: Layanan cloud memfasilitasi kolaborasi tim dengan memungkinkan akses bersama ke dokumen dan proyek dari berbagai lokasi.

Kelebihan-kelebihan ini telah menjadikan cloud computing sebagai pendekatan yang populer untuk menyediakan dan mengelola sumber daya komputasi dalam berbagai industri dan skala bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.