Apa Jasa R.A. Kartini bagi Bangsa Indonesia?

Hallo yoters!

Tahukah yoters? Raden Ajeng Kartini atau yang sering kita kenal R.A. Kartini adalah tokoh emansipasi wanita yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah. R.A. Kartini dikenal sebagai sosok pemberani, yang semasa hidupnya terus memperjuangkan harkat dan martabat perempuan agar bisa mendapatkan hak yang sama dengan kaum laki-laki. Pada masa perjuangan kemerdekaan, tidak semua perempuan dapat bersekolah. Hanya perempuan bangsawan saja yang memiliki kesempatan mendapat pendidikan. Berawal dari situ, R.A. Kartini terdorong untuk memajukan kaum perempuan pribumi agar tidak dipandang memiliki kedudukan yang rendah. Lalu, apa saja perjuangan dan jasa R.A. Kartini untuk bangsa Indonesia?

R.A. Kartini merupakan putri dari bupati Jepara, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, yang lahir pada 21 April 1879. Latar belakang keluarganya, beliau memiliki kesempatan untuk mendapat pendidikan yang layak. Beliau bersekolah di Europeesche Lagere School (ELS) dan belajar bahasa Belanda hingga usia 12 tahun. Setelah itu, R.A. Kartini diharuskan tinggal di rumah atau dipingit. Artinya, beliau tidak diperbolehkan keluar rumah dan melakukan aktivitas lain sampai menikah. Selama menjalani pingitan, R.A. Kartini tidak berdiam diri. Beliau tetap belajar mandiri dan menulis surat kepada teman-temannya yang berasal dari Belanda. Setelah menikah, beliau diberi kebebasan untuk mendirikan sekolah perempuan oleh suaminya. Sekolah ini berlokasi di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang (sekarang Gedung Pramuka). Keuletan R.A. Kartini dalam bidang pendidikan pun mendorong salah seorang tokoh Politik Etis, yaitu Van Deventer, untuk mendirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912. Sekolah ini pun berkembang hingga ke Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan banyak daerah lainnya. Sekolah perempuan ini bernama Sekolah Kartini.

Nah yoters, begitulah kisah perjuangan dari R.A. Kartini yang berusaha mengangkat derajat perempuan dan memperjuangkan hak perempuan pada masa itu, untuk mengenang jasa beliau maka setiap tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Semoga artikel ini menambah pengetahuan para yoters yang membacanya, Selamat Hari Kartini.

by : Ayu Sintiawati