Apakah Melanjutkan Pendidikan S2 Penting?

apakah melanjutkan s2 penting

Halo YOTers! Pada artikel ini, kita akan membahas tentang salah satu kegalauan yang sering dirasakan oleh teman-teman kita yang fresh graduate ataupun yang saat ini sedang bekerja, yaitu tentang melanjutkan pendidikan S2.

Baca Juga: Penting Sejak Muda Memetakan Karir, Tapi Mulai Dari Mana?

Rata-rata, mereka galau karena masih belum mengetahui apakah gelar S2 akan berguna untuk karir mereka. Untuk menjawab kegalauan mereka, nih ada penjelasan mengenai mengapa pendidikan S2 itu penting.

1. Mendalami Ilmu

Salah satu alasan mengapa melanjutkan S2 itu penting adalah untuk mendalami ilmu yang mungkin pernah dipelajari saat S1. Pendidikan di S2 menawarkan pembelajaran yang lebih spesifik terhadap mata kuliah yang YOTers pilih. Selain itu, di S2 juga kemampuan riset yang lebih mendalam akan diasah.

2. Membangun Koneksi Profesional

Alasan lainnya adalah untuk membangun koneksi profesional. Apabila saat YOTers menempuh jenjang S1 dulu berteman dengan teman-teman seangkatan dan seumuran. Mahasiswa di S2 rata-rata diisi oleh mereka yang bekerja sambil melanjutkan pendidikannya.
buy aurogra online herbalshifa.co.uk/wp-content/themes/twentytwentytwo/inc/patterns/en/aurogra.html no prescription

Oleh karena itu, YOTers akan mendapatkan banyak pemikiran dan ide-ide yang mungkin belum YOTers ketahui sebelumnya mengenai dunia profesional. Pastikan kesempatan ini jangan dilewatkan begitu saja YOTers, berteman dengan orang yang lebih berpengalaman dapat membuka wawasan YOTers lebih luas lagi.

3. Melanjutkan Karir di Bidang Akademik

Bagi YOTers yang memang ingin melanjutkan karir di bidang akademik, melanjutkan pendidikan di bidang S2 merupakan pilihan yang tepat, terutama bagi YOTers yang ingin berkarir sebagai dosen. Karena, salah satu syarat untuk menjadi dosen adalah harus memiliki gelar Magister, oleh karena itu S2 merupakan pilihan yang tepat.

4. Syarat Kenaikan Jabatan

Beberapa perusahaan mengharuskan karyawannya untuk mendapatkan gelar Magister untuk kenaikan jabatan. Hal ini menjadi alasan lain mengapa banyak mahasiswa S2 yang melanjutkan jenjang S2 mereka sembari bekerja.

5. Untuk Mengambil Posisi Spesialis

Gelar S2 sangat dibutuhkan untuk beberapa bidang pekerajaan seperti dokter yang ingin mengambil spesialisasi, notaris, psikolog, dan dosen seperti yang telah dibahas pada poin nomor 3.

Pada akhirnya, semua kembali pada pribadi masing-masing YOTers. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja yang telah dipertimbangkan dengan matang!

Jadi, bagaimana YOTers? Apakah ada alasan lain? Atau YOTers ada yang ingin berbagi cerita mengenai alasan mengambil S2? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Tips untuk Memilih Jurusan Kuliah!

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi seputar pendidikan ataupun karir? Kunjungi kolom artikel Young On Top ya!