Aplikasi Keren yang Bakal Bantu Kuliah Kamu!

source: canva

Selain game online dan media sosial, banyak juga loh YOTers aplikasi yang bisa kamu download di Play Store maupun App Store untuk ngebantu organize kuliah kamu jadi lebih mudah. Selain ngebantu kuliah, aplikasi-aplikasi keren ini juga siap ngebantu kamu untuk organize hal-hal di luar pendidikan seperti jurnal harian, hiburan, sampai karir kedepannya. Kalo kepo apa aja, yuk disimak, berikut daftar aplikasi yang worth it untuk segera didownload di mobile phone kamu!

  • Notion

Aplikasi yang satu ini kayaknya emang paling downloadable apapun latar belakang pekerjaan atau pendidikan kamu. Bisa juga disebut all-in-one workspace, notion dapat digunakan penggunanya untuk manajemen project, to do list yang mau kamu lakuin dalam jangka waktu pendek atau panjang, atur jadwal keseharian, catet materi kuliah, sampai bisa share catatan kuliah maupun pekerjaan kamu di Notion dengan orang lain atau dalam bentuk group secara online yang tentu aja hal itu jadi gampang dan cepet untuk dilakukan. Walaupun tersedia fitur-fitur yang hanya bisa diakses kalo akun kamu premium, Notion tetap menyediakan banyak fitur yang tersedia secara gratis yang bisa diakses dan digunakan dengan maksimal kapanpun kamu mau.

  • Cicil

CICIL bisa jadi solusi jika kamu memiliki kendala secara finansial saat masih berkuliah. Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, CICIL bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pinjaman untuk mendapatkan kebutuhan kuliah seperti sepatu, laptop, serta kebutuhan lainnya dengan cara dicicil tanpa kartu kredit, loh. Gak perlu khawatir dengan syarat dan ketentuannya, untuk dapat memanfaatkan aplikasi ini karena prosesnya terbilang mudah dan dilakukan secara transparan serta hanya butuh data pribadi kamu sebagai mahasiswa. 

  • Grammarly

Sesuai nama aplikasinya, Grammarly bakal ngebantu YOTers dalam menyusun kalimat berbahasa Inggris jika kamu masih merasa kesulitan untuk menentukan grammar dalam sebuah kalimat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengoreksi ejaan kita dalam bahasa Inggris secara otomatis tanpa perlu bantuan aplikasi lain lagi. Selain bisa ngebantu kamu dalam menulis, aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan tersedia dalam mode web sehingga kamu gak perlu download dulu untuk menggunakannya.

  • Manajemen Keuangan

Buat kamu yang kuliah sambil ngekos, aplikasi Manajemen Keuangan bisa banget kamu gunain untuk catat pengeluaran sehari-hari sehingga kamu bakal tau uangnya digunakan untuk apa saja. Aplikasi ini juga dapat mengkategorikan pengeluaran penggunanya ke dalam berbagai jenis seperti kebutuhan makanan, pakaian, hingga hiburan. Apa lagi untuk kamu si anak kos yang merasa suka boros dan kurang pinter dalam mengatur keuangan bulanan, aplikasi ini bakal ngebantu kamu untuk atur pengeluaran. Yuk, say no untuk hidup konsumtif walaupun kamu udah dapet uang bulanan!

  • Microsoft OneNote

Secara kegunaan, aplikasi bawaan Microsoft ini cukup mirip dengan Notion namun menyediakan fitur yang lebih sederhana dan sedikit. OneNote bisa YOTers gunakan untuk mencatat materi kuliah secara online. Selain catet materi, aplikasi ini juga menyediakan fitur menggambar dan mengirim audio yang bisa kamu share dengan pengguna OneNote yang lain.  Oleh karena itu, sangat disayangkan jika kamu belum memakai aplikasi yang satu ini. 

Itu dia YOTers beberapa aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk bisa kamu download di Play Store maupun App Store. Semoga aplikasi-aplikasi di atas biasa buat kegiatan kuliah kamu jadi lebih mudah, ya!

Penulis: Renata Tianggur Manurung