Ayo Bangun Pagi

Hi YOTers,

Apa kabarnya ni? semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Hari ini, Selasa 18 Agustus 2020 tepatnya pukul 06.00 WIB saya menulis artikel ini. Ko pagi banget? sesuai dengan judul artikel diatas saya ingin sharing mengenai apa manfaat yang saya rasakan ketika bangun pagi.

Siapa disini yang seting alarm  bangunjam 5 pagi, dan setelah alam hidup balik rebahan lagi sampe tembus ke jam 7 pagi? bahkan lebih?

Saya sangat beruntung sekali karena ketika saya mengawali karir di salah satu perusahaan batu bara pada tahun 2007 saya memang diharuskan bangun pagi, karena tepat jam 06.15 saya harus segera naik ke bis angkutan karyawan dari asrama menuju ke kantor. Artinya kalau saya bangun kesiangan dikit tidak akan ada transportasi lain yang disediakan. jadi mau gk mau, saya harus bangun jam 5 pagi untuk solat subuh, mandi dan sarapan dan ini belanjut sampai akhir tahun 2011.

Kebiasaan itupun berlanjut hingga saat ini, dimana seperti biasa saya setup alarm saya jam 05.15 tetapi saya akan bangun lebih awal sebelum alarm itu berbunyi, artinya setiap jam 5 saya otomatis kebangun. Apa yang saya lakukan bangun jam 5 pagi? banyak banget, mulai dari solat subuh, beberes kamar tidur, ngasih makan ikan di kolam, nyiram tanaman, treadmill, beberes rumah dan sarapan. Hampir setiap hari itu rutin saya lakukan.

Selain banyak yang bisa saya selesaikan diwaktu pagi hari, saya merasa lebih fresh dan merasa lebih siap untuk menjalankan kegiatan pada hari tersebut. Oia, malam sebelumnya saya terbiasa untuk listing pekerjaan yang akan saya kerjaan dihari esok dan saya tidur antara jam 10.30 atau jam 11.00.

Kebiasaan bangun pagi juga membuat saya lebih sehat  dan lebih disiplin lagi. Hampir semua yang harus saya kerjakan dihari itu DONE semua, dan biasanya masih tersisa waktu kosong disela sela jam kerja, nah itu biasanya saya gunakan untuk mikirin hal lain yang tidak ada dalam list di hari tersebut, termasuk nulis artikel ini. Tidak ada dalam agenda hari ini, tapi karena beberapa yang harus saya kerjaan dipagi hari sudah selesai, saya gunakan untuk hal lain.

Oia, kalau kata orang tua saya bilang “ada atau gk ada kegiatan dipagi hari, bangun pagi itu wajib” berlomba lombalah mencari rejeki/pahala di pagi hari. Nah, ini bener banget sih, saya merasa tuhan mempermudah jalan saya karena saya yakin salah satunya karena saya disiplin bangun pagi hari.

So, Yuk mulai besok disiplin bangun pagi ya. Saya tau itu tidak mudah, tapi bukan berarti gk bisa dicoba ya guys. Bolong dikit2 gpp. Namanya juga membangun kebiasaan baru.

 

Have a Great Day

Riki Son