BE INSPIRED, MOTIVATE YOURSELF

“Km ngga perlu menunggu ada orang yang memotivasi km dulu, baru termotivasi.”- Billy Boen

Setelah membaca bagian ini dari buku Young On Top Updated 40 Kunci Sukses di Usia Muda. Saya merasakan ada bagian dari diri saya dalam bacaan ini. Ya, karena hanya saya yang bisa memotivasi diri saya sendiri. Ada pernyataan yang sering disampaikan ke Pak Billy “Mas Billy motivasi kami, dong” seperti yang beliau tulis dalam bagian Be Inspired, Motivate Yourself. Saya rasa pernyataan ini juga pernah kita dapatkan dari orang sekitar kita. Tidak hanya itu di fitur instagram ask me question, melimpah ruah.

Dengan Bacaan ini saya semakin yakin bahwa sebenarnya motivasi itu datang dari diri kita. Sepertinya ada kekeliruan dalam memahami inspirasi dan motivasi. Kita bisa mendapatkan inspirasi dimanapun, kapanpun, dan dari siapapun. Dari inspirasi itulah kita bisa termotivasi, saya akan bercerita sedikit. Suatu malam saya berada di traffic light, di sebelah saya ada Bapak ojol. Saya memerhatikannya, matanya merah karena kena angin terus menerus di jalan. Saya juga melihat kalau ia kelelahan. Karena Bapak itu saya terinspirasi, saat itu juga saya memikirkan orang tua di rumah. Perjuangan orang tua saya untuk bisa menyekolahkan saya sampai sekarang, pasti berat. Dari itu saya termotivasi untuk memperluas wawasan saya. Agar saya bisa sukses dan bisa membahagiakan orang tua saya.

Satu lagi cuitan yang pernah saya baca di twitter “temanmu hanya rekan diskusi, bukan penentu keputusan hidupmu.” Ini tentunya lebih menyadarkan kita bahwa yang memotivasi kita adalah diri kita sendiri bukan orang lain.  Kalau sekarang belum menyadarinya, segeralah sadar. Jika sudah, carilah inspirasi sebanyak banyaknya. Motivasi dirimu sendiri dan inspirasi orang lain.

YOTers, kesulitan untuk memotivasi diri sendiri datang dari ketidakpercayaan terhadap kemampuan diri sendiri. Jangan kehilangan rasa percaya diri, kalau bukan kamu siapa lagi? Mulailah percaya dan yakin pada dirimu sendiri, kalau kamu mau pasti bisa. Jangan menunggu dimotivasi, karena hidup itu terlalu singkat untuk menunggu.

 

See You On Top 🙂

-@nkyuliati-