BERFIKIR BESAR MENGHARGAI HAL-HAL KECIL

BERFIKIR BESAR

MENGHARGAI HAL-HAL KECIL

Oleh : Aisi Azmi

Setiap manusia pasti menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Sukses bukanlah sebuah kebetulan tapi sukses adalah sebuah formula yang jelas dan setiap orang-orang sukses memiliki pola pikir yang sama. Orang sukses berpikir hal-hal besar, sedangkan orang tidak sukses berpikir kecil. Contohnya seperti ini ada teman saya yang pintar, ia selalu berpikir untuk mendapatkan nilai ujian yang tinggi. Bagus atau tidak cara berpikir seperti itu? bagus tapi itu salah karena mereka berpikir kecil tapi orang sukses tidak berpikir seperti itu. orang sukses berpikir bagaimana proses untuk mendapatkan nilai yang bagus sehingga terlihat jelas apabila orang yang tidak memikirkan proses dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkan maka ketika ditanya kamu mau jadi apa nantinya maka ia bingung untuk menjawab apa. Mengapa? Karena mereka hanya memikirkan hasil tanpa melihat sebuah proses dalam menjalankannya. tidak memikir tapi tidak meremehkan hal-hal yang kecil. Kebiasaan orang-orang sukses sangat berbeda dengan orang biasa misalnya ia selalu melakukan aktivitas yang tidak biasa dilakukan.

Setiap orang sukses tidak akan meremehkan hal-hal yang kecil meskipun ia selalu berpikir besar, karena ia menghargainya. Sebagi contoh : ketika ada seseorang menemukan sebuah uang dijalan 100 ribu maka secara spontan dia akan mengambilnya. Namun, jika ada seseorang yang menemukan uang koin 500 rupiah maka pasti dia tidak akan mengambilnya lalu akan berkata “ah Cuma 500 rupiah”. Nah, disinilah yang membedakan antara orang yang sukses dan kaya. Seringkali orang yang masih miskin tidak mensyukuri apa yang telah didapatkannya. Jika hal seperti itu terjadi pada orang sukses maka ia akan mengambilnya lalu akan berkata “ Alhamdulillah, terimakasih ya Allah karena uang masih membersamai saya”. Percaya atau tidak secara langsung alam pun akan ikut mendoakan kita jika kita bersyukur karena makhluk hidup semua bertasbih pada Allah. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al Isra’ : 44 yang berbunyi :

“ langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada didalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.”

Ketika kita tidak menghargai atau bersyukur dengan hal-hal kecil seperti cerita diatas dan berkata “ Ah, Cuma 500 rupiah secara tidak langsung kita mengatakan bahwasanya berarti kita telah cukup dan kaya karena tak perlu lagi uang kecil bagi kita. Padahal itu salah, jika kita berpikir dan bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan itu lebih baik karena secara tidak langsung kita merasa selalu merasa cukup atas nikmat allah karena Allah senantiasa selalu melimpahkan rahmatnya dan tidak hanya itu ketika kita bersyukur maka makhluk lain juga ikut mendoakan dan akan berkata “ semoga si fulan ini selalu diberikan uang yang banyak karena tampaknya ia sangat bersyukur ketika menemukan uang yang kecil. Jadi, tak ada orang yang sukses diatas dunia ini yang meremehkan hal-hal kecil sekalipun karena jika kita selalu bersyukur maka Allah akan selalu menambah nikmat kita. Sebagaimana firman Allah dalam surah Ibrahim ayat 7 berbunyi :

“ Dan ingatlah ketika Rabbmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya A ku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”

 

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim jika ingin bahagia dan kaya maka manfaatkanlah waktumu untuk selalu mensyukuri hal-hal kecil dalam hidup karena ini adalah kunci sukses orang-orang kaya dan bersyukur merupakan inti sebuah kebaikan.