Biar HRD Terkesan, Yuk Ikuti Tips Berpakaian Saat Interview !

Biar HRD Terkesan, Yuk Ikuti Tips Berpakaian Saat Interview!

Selain skill, biasanya HRD juga akan melihat beberapa hal penting saat interview. Salah satunya yaitu soal penampilan. Penampilan di sini bukan berarti kamu harus cantik atau tampan karena pada dasarnya setiap manusia punya kelebihannya masing-masing. Maksud dari penampilan di sini yaitu berpakaian saat interview. Berpenampilan rapi dan menarik sangat penting agar pihak perusahaan mengetahui keseriusan dan profesionalitas kamu.

Lantas, baju apa yang cocok untuk melamar kerja? Bagi kamu yang ingin tau jawabannya, yuk ikuti tips berpakaian saat interview berikut ini!

Baca juga:

Kenapa Penampilan Menarik Jadi Syarat Penerimaan Karyawan? Ini Alasannya

7 Pertanyaan Interview Kerja yang Paling Sering Ditanyakan HRD

Gagal di Interview Kedua? Ini dia Tipsnya!

Ini yang Bisa Kamu Katakan Ketika Ditanya “Apa Ada Pertanyaan?” Saat Interview

Yuk, Latihan Interview dengan HRD!

1. Pakai kemeja untuk interview

Gunakanlah pakaian formal seperti kemeja untuk interview. Kamu bisa memilih bahan kemeja yang membuatmu merasa nyaman, seperti berbahan katun, sifon, atau bahan sutra. Agar poinmu tak berkurang di mata HRD, hindari memakai kemeja yang terlalu ketat atau terkesan seksi, ya!

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan motif kemeja. Jangan sampai kemeja yang kamu kenakan memiliki motif-motif yang terlalu berlebihan sehingga bisa mendistraksi pewawancara.

2. Perhatikan warna pakaian

Gak melulu harus memakai kemeja putih dengan celana bahan berwarna hitam, kamu bisa menggunakan kemeja dengan warna lain. Pemilihan warna ini juga sangat penting untuk memberi kesan yang baik pada HRD.

Tau nggak sih YOTers? Ada yang namanya psikologi warna, nah HRD bisa membaca karakter kamu hanya dengan psikologi warna tersebut. Menurut psikologi warna, ada kesan yang secara nggak langsung bisa tersampaikan dari warna ini:

  • Biru: Menggunakan pakaian berwarna biru akan memberikan kesan percaya diri, kejujuran, kesetiaan, stabil, dan kredibilitas.
  • Hitam: Merepresentasikan kekuatan dan kepemimpinan.
  • Abu-abu: Memberikan kesan profesionalisme
  • Cokelat: Memberikan kesan percaya diri, dapat diandalkan, dan fleksibel.

Nah itu beberapa warna yang bisa jadi pilihan untuk pakaian interview-mu nanti.

3. Bisa tambahkan kardigan

Ketika interview di corporate, selain menggunakan kemeja, kamu juga bisa menambahkan item kardigan atau blazer untuk menambah kesan profesional. Tapi, pilihlah warna gelap dan hindari motif yang terlalu menonjol dan terkesan berlebihan.

4. Pilih sepatu formal

Pemilihan sepatu untuk digunakan saat interview juga nggak kalah pentingnya. Interview itu acara yang formal, jadi jangan sampai kamu justru menggunakan sepatu kets, sepatu sendal, atau sepatu yang memberikan kesan tak formal. Buat laki-laki, sebaiknya gunakan sepatu pantofel dan untuk perempuan bisa menggunakan flat shoes tertutup.

5. Hindari celana berbahan denim

Celana berbahan denim emang akan membuat kita terkesan modis. Tapi, jangan sesekali kamu gunakan celana denim untuk interview. Pasalnya, celana ini akan memberikan kesan kalau kamu kurang serius dan nggak profesional. Jadi, pastikan kamu memberikan penampilan yang terbaik dan berkesan ya!

Itulah beberapa tips berpakaian saat interview. Hindari memberi kesan yang kurang baik kepada pewawancara, dari cara kamu berpakaian, ya!

Nah YOTers, jangan lupa dengan Event terbesar dari Young On Top! YOTNC2022 kembali dihadirkan secara offline di Jakarta! Persiapkan diri YOTers buat dateng ke acara besar Young On Top untuk dapatkan inspirasi secara langsung dengan berbagai narasumber keren! Langsung daftar disini! atau YOTers bisa langsung click gambarnya 🙂

yotnc2022

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir, bisnis, dan dunia pendidikan? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!