Bingung Passion – mu Dimana? 4 Cara Menentukan Passion – mu dengan IKIGAI!

Materi Milik Penulis Pribadi

Hai YOTers! Pernah gak sih kamu bingung passion kamu dimana? Sebelumnya, kamu harus mengetahui keahlian dan minat yang ada di dalam diri kamu menggunakan prinsip IKIGAI. Ini 4 cara menentukan passion kamu dengan prinsip IKIGAI versi penulis:

 

1. Ketahui Keahlian – mu!

Sebelum kamu menemukan passion, kamu harus mengetahui keahlian yang kamu miliki. Keahlian merupakan kemampuan yang kamu miliki. Tolak ukurnya yaitu: Hal/sesuatu yang kamu paling mengerti, paling mahir, dan paling pahami. Dan kamu harus sepakati satu hal, bahwasanya setiap individu mempunyai keahlian yang berbeda – beda lho! Namun seringkali di kehidupan bermasyarakat yang ada di sekitar kita, setiap keahlian individu masih saja dibanding – bandingkan oleh setiap orang, bahkan yang lebih parah lagi, jadi adu gengsi serta kehebatan. Salah satu contoh yang lumrah terjadi yaitu ketika Siswa/i Penjurusan IPA dirasa lebih hebat daripada Siswa/i Penjurusan IPS. Apakah kamu pernah merasakan hal serupa dengan contoh lain? Kesal bukan? Maka dari itu, kamu juga perlu memiliki sikap untuk saling menghargai serta mengapresiasi keahlian satu sama lain.

 

2. Ketahui Minat – mu!

Setelah mengetahui keahlian – mu, ketahui juga minat – mu!. Minat merupakan hal yang kamu kuasai. Kamu akan mengerjakan hal yang disukai dengan sepenuh hati dan tanpa paksaan dari orang lain. Prinsipnya hampir sama dengan keahlian, begitupun setiap individu juga mempunyai hal – hal disukai yang berbeda pula. Biasanya jika sudah mengerjakan sesuatu berdasarkan minat atau hal yang kamu sukai, kamu akan menghasilkan suatu karya yang maksimal loh!. Bahkan saking sukanya, waktu pun jadi tidak terasa disaat proses pengerjaan nya sedang berlangsung. Kamu menikmati setiap proses detik ke detik, menit ke menit, jam ke jam.

 

3. Passion = Keahlian + Minat

Selamat, kamu tahu passion – mu! Cara mudahnya yaitu dengan menggunakan Prinsip Ikigai. Carilah hubungan irisan antara point keahlian dan minat. Passion – mu bisa terbentuk dari berbagai proses kehidupan – mu yang sudah kamu lewati. Contoh dari penulis. Penulis mempunyai keahlian berupa dapat bernegosiasi, dapat bersosialisasi, dan dapat melakukan persuasif. Lalu penulis juga mempunyai minat yaitu berbicara dengan orang baru, dan berbicara di depan banyak orang. Dari masing – masing point, didapatlah Passion dari penulis, yaitu profesi sebagai MC, Trainer, Presenter, Host, atau profesi lain yang mengandalkan public speaking. Tentu untuk mendapatkan dan memutuskan passion tersebut, perlu waktu yang panjang juga lho!

Materi Milik Penulis Pribadi

 

4. Apa Passion – mu?

Yuk isi Ikigai versi – mu! Penulis sudah membuat template kosong ini untuk kamu lho! Penulis ingin membantu dan mempermudah kamu untuk mencari passion – mu. Setelah kamu sudah mengisi, bisa ditempel di meja belajar, dijadikan wallpaper pada handphone mu, atau hanya sekedar diingat, tapi awas lho lupa! Langkah terakhir, yaitu Action!. Kamu bisa menyalurkan passion kamu di kehidupan sehari – hari. Atau jika kamu merasakan kesulitan, cari dan begabunglah ke komunitas yang sesuai dengan passion – mu. Dengan kamu berbagung, tentunya kamu bisa berbagi ilmu sekaligus bertukar pikiran dengan teman – teman yang lain!

Materi Milik Penulis Pribadi

 

Penulis: Muhammad Arif Arofah – Director Marcomm YOT Bekasi Batch 7 2022

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Bingung Passion – mu Dimana? 4 Cara Mentukan Passionmu Dengan IKIGAI!”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/muhammadarifarofah4696/61e665d280a65a7415508f92/tentukan-passion-mu

Kreator: Muhammad Arif Arofah