“Bunuh” Egomu Sebelum Ego “Membunuhmu”

Kepribadian manusia sangatlah kompleks, setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Salah satu dari kepribadian tersebut ada yang namanya ego. Ego bisa dikatakan sebagai persepsi seseorang tentang harga dirinya yang seterusnya mempengaruhi keyakinan dirinya. Ego yang tidak bisa dikendalikan akan membuat seseorang bersikap egois. Egois adalah sikap yang suka mengutamakan (menonjolkan) diri, selalu merasa keinginannya adalah hal yang penting atau benar.

 

Bagaimana ego bisa “membunuhmu?”

Contoh sederhana yang berkaitan dengan pekerjaan Graphic Designer (dalam sudut pandang freelancer atau pekerja kreatif), misalnya ketika membuat sebuah karya yang tentu saja ada hubungannya dengan audience atau klien a. k. a bukan untuk kepuasan pribadi, seorang Graphic Designer harus membuang jauh-jauh bahkan kalau bisa “membunuh” egonya. Kenapa? Salah satu prinsip untuk menjadi Designer yang baik adalah bisa menempatkan karyanya bukan untuk membuat dirinya terkenal tetapi untuk dinikmati audience atau kliennya. Sebuah desain yang berhasil adalah desain yang dipakai oleh audience atau kliennya. Ketika desainmu tidak berhasil, maka karirmu sebagai designer tidak akan berkembang. Mungkin ini bukan hanya untuk Graphic Designer tetapi untuk semua Designer apapun itu (designer pakaian, designer aplikasi mobile, designer website, designer logo, dsb) dan aspek lainnya dalam sudut padang yang berbeda. itulah sedikit gambaran mengapa penting untuk “membunuh” egomu.

 

Bagaimana cara “membunuh” Egomu? 

Cara yang paling ampuh untuk “membunuh” ego adalah dengan tetap berpikir positif. Dengan berpikir positif secara tidak sadar akan menghadirkan sikap menghargai pandangan dari orang lain. Dari sana akan ada proses menimbang dan mencerna dari apa yang didapat, tidak serta merta menolaknya. Apabila pikiran tidak positif, otomatis tidak akan ada lagi proses menimbang dan mencerna yang ada hanya penolakan. Selain itu, dampak dari pikiran yang positif adalah perasaan atau pemikiran yang menganggap kita bukan sebagai orang yang paling tahu. Sehingga ego tadi bisa diredam atau bahkan dihilangkan.

Sedikit sharing, semoga bermanfaat. Tetap berpikiran positif, mau menerima kritik dan saran adalah hal penting untuk terus bisa berkembang.