Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri agar Hidup Lebih Bahagia

mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri atau self-love adalah salah satu cara yang harus dilakukan seseorang ketika mau melangkah dan mencapai perkembangan dalam hidupnya. Mencintai apa yang ada di diri kamu dan merawatnya dengan penuh perhatian adalah bentuk usaha agar hidup bahagia. Namun mencintai diri sendiri bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan adanya media sosial saat ini. Rasanya seperti ada aja hal-hal yang bikin kita merasa nggak cukup baik atau perasaan bersalah saat harus mengutamakan diri sendiri. Memulai self-love membutuhkan waktu, kesabaran, dan juga latihan. Tetapi psikolog menegaskan, semua orang pantas merasakan dan mendapatkan self-love dari dirinya. Berikut beberapa cara mudah mencintai diri sendiri yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kebahagiaan.

1. Syukuri setiap pencapaian kamu

Bersyukurlah atas apa yang kamu raih sampai saat ini. Hargai dirimu meskipun pencapaian itu terkesan kecil. Namun dimulai dari menerima dan menghargai setiap usaha yang kamu kerahkan untuk ada di titik ini akan jadi awal yang baik untuk mendapatkan self-love. Jangan bandingkan pencapaianmu dengan orang lain, fokus pada setiap langkahmu untuk mencapai target yang kamu inginkan.

2. Lakukan hal-hal yang kamu suka

Seringkali kita terlalu banyak memikirkan penilaian orang lain yang malah membatasi diri untuk melakukan apa yang kita suka. Jadi, mulai sekarang buang jauh-jauh pikiran negatif dan lakukanlah hal positif yang membuatmu bahagia. Kamu bisa menyalurkan hobimu, traveling, gabung komunitas bareng orang-orang dengan kesamaan minat, atau sekedar nge-post konten yang kamu suka di media sosial.

3. Berteman dengan orang-orang yang positif

Nyatanya energi positif bisa mempengaruhi kamu lho. Orang-orang dengan energi baik yang ada di sekeliling kamu bisa mendorong pembentukan self-love. Mereka yang menyayangi kita dan penuh dukungan membuatmu selalu bersyukur dan meyakinkan diri bahwa kamu pantas mendapatkannya. Bertemu dan kumpul bareng orang-orang yang penuh cinta menjadi sebuah keuntungan. Kita bisa mendapat kebahagiaan dengan melakukan kegiatan-kegiatan dan obrolan yang positif.

4. Me time tanpa gadget

Kamu juga bisa melakukan aktivitas apapun yang membuatmu lupa akan gadget dan media sosial. Salah satu sumber ketakutan dan rasa kurang bersyukur sering timbul dikarenaka kita banyak mengkonsumsi postingan di media sosial. Kegiatan di luar rumah seperti bersepeda, berenang, spa, piknik di taman, menonton film kesukaan bisa menjadi referensi kamu untuk me time dan sejenak melupakan gadget.

5. Makan makanan yang sehat

Cara lain untuk mencintai diri sendiri adalah dengan memperhatikan pola dan asupan makanan. Di situasi pandemi saat ini apalagi, kamu diharuskan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghindari ancaman virus yang berbahaya. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah.

Dilansir indonesiabaik.id, Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan demi menjaga kesehatan sejumlah 400 gram per orang dalam satu hari. Takaran tersebut terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah, (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang, 1 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang).

Temukan voucher menarik lainnya di aplikasi TopKarir cuma buat kamu, karena kamu Si Paling Spesial. Download TopKarir di App Store atau Play Store.

Buat YOTers, jangan lupa dengan Event terbesar dari Young On Top! YOTNC2022 kembali dihadirkan secara offline di Jakarta! Persiapkan diri YOTers buat dateng ke acara besar Young On Top untuk dapatkan inspirasi secara langsung dengan berbagai narasumber keren! Langsung daftar disini! atau YOTers bisa langsung click gambarnya 🙂

yotnc2022

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir, bisnis, dan dunia pendidikan? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!