Cara Praktis Membuat Mochi

Cara Praktis Membuat Mochi – Akhir-akhir ini lagi viral nih, makanan yang punya tekstur kenyal dengan berbagai varian isi. Mochi mulai terkenal dan viral dengan isian krim rasa dan buah stroberi. Bisa nggak ya kalo bikin mochi sendiri di rumah? Tenang YOTers! jangan khawatir, disini minYOT hadir untuk berbagi resep yang bisa kalian coba untuk buat mochi kalian sendiri. Ini dia beberapa tips yang dapat kalian terapkan:

Baca Juga:

Cara Praktis Membuat Mochi:

Bahan-bahan:

  1. 1 1/2 cangkir beras ketan (mochigome)
  2. Air untuk merendam beras ketan
  3. Tepung kanji atau maizena (untuk menggulung mochi)
  4. Isi mochi (opsional), seperti potongan buah, selai, atau pasta kacang merah (anko)

Langkah-langkah:

  1. Rendam beras ketan dalam air selama minimal 6 jam atau semalaman. Pastikan beras benar-benar terendam dan lembut ketika memasukkannya ke dalam air.
  2. Tiriskan beras ketan. Kemudian, cuci beras ketan dengan air bersih beberapa kali hingga airnya menjadi bening. Saring dengan saringan halus untuk menghilangkan kelebihan air.
  3. Kukus beras ketan dalam kukusan dengan tutup selama sekitar 30-40 menit atau hingga beras menjadi benar-benar matang dan kenyal. 
  1. Tumbuk beras ketan yang panas menjadi adonan yang kenyal. Pastikan untuk bekerja dengan cepat agar mochi nggak mendingin terlalu cepat.
  2. Potong adonan mochi menjadi potongan kecil, pipihkan dengan tangan basah, dan letakkan isi yang diinginkan di tengahnya.
  3. Bentuk mochi menjadi bola atau bentuk yang diinginkan.
  4. Sebelum menyajikan atau menyimpan mochi, taburi permukaannya dengan sedikit tepung kanji atau maizena untuk mencegah lengket.
  5. Mochi siap untuk disantap.

 

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa YOTers cobain membuat mochi sendiri di rumah. Semoga dapat berkelebihan untuk kalian ya! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.