Cerdas dengan Berbagai Startup Pendidikan Asli Indonesia Ini

Cerdas dengan Berbagai Startup Pendidikan Asli Indonesia Ini

 

Gapailah ilmu setinggi langit,” di mana memiliki arti pentingnya pendidikan dengan memiliki ilmu seluas-luasnya. Nah, dengan adanya berbagai startup ini, belajar jadi mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Terlebih lagi, yang membuat bangga adalah berbagai startup pendidikan ini merupakan hasil karya anak bangsa lho YOTers. Yuk lihat daftarnya di bawah ini!

  1. Ruangguru

Platform belajar online yang didirikan oleh Iman Usman dan Adamas Belva Devara ini telah diunduh oleh 5 juta lebih pengguna di Play Store. Ruangguru mampu menghubungkan para pelajar dengan guru berkualitas di bidangnya masing-masing. Ruangguru menawarkan cara belajar yang lebih seru, yaitu melalui video yang dilengkapi dengan animasi yang menarik. Gak hanya itu, Ruangguru juga menyediakan berbagai latihan soal dan try out yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun. Mau konsultasi PR ke mentor? Ruangguru juga bisa lho!

 

  1. HarukaEdu

HarukaEdu merupakan perusahaan yang menyediakan solusi untuk universitas menawarkan pendidikan online yang berkualitas. HarukaEdu telah bekerjasama dengan berbagai universitas ternama di Indonesia, seperti LSPR, President University, Universitas Al-Azhar Indonesia, UNTAR dan berbagai universitas lainnya. HarukaEdu menerapkan konsep end-to-end solution yang artinya telah menggunakan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung kegiatan kuliah online, pengembangan kurikulum dan silabus online sampai melakukan administrasi perkuliahan. Para pengguna nantinya bisa mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan setiap jenjang kursus atau perkuliahan.

 

  1. Quintal

Quintal hadir dengan visi modernisasi proses belajar mengajar di sekolah melalui teknologi digital. Fitur yang ada di Quintal juga mendukung hal tersebut lho. Karena, di Quintal memiliki fitur input nilai dan data absensi para siswa serta rapor yang dapat dicetak secara otomatis setiap akhir semester. Karena sama seperti sekolah, maka orang tua juga bisa mengakses perkembangan belajar para siswa. Quintal telah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna di Play Store. Di bulan Juli 2016, Quintal mendapatkan pendanaan tahap awal dari East Ventures.

 

  1. IndonesiaX

Platform pendidikan yang satu ini berbasis Massive Open Online Course (MOOC) atau kursus online tanpa batas peserta dan akses yang terbuka di situs resminya. Serunya lagi, hampir semua kursus yang disediakan tidak dipungut biaya dan dapat diakses oleh seluruh pengguna. IndonesiaX telah bekerjasama dengan berbagai institusi luar negeri seperti Harvard University yang juga memiliki platform berbasis MOCC yaitu edX. Sama seperti Quintal, aplikasi IndonesiaX telah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna di Play Store.

 

  1. Bahaso

Startup pendidikan yang satu ini menyediakan layanan belajar bahasa asing yang dapat kamu unduh di Playstore dan App Store. Berbagai bahasa yang dapat kamu pelajari antara lain adalah bahasa Inggris dan Mandarin. Bahasa lain yang akan hadir di aplikasi ini adalah Korea, Portugal, Perancis dan Jepang. Aplikasi yang telah diunduh oleh 100 ribu pengguna di Play Store ini bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pengetahaun Budaya Universitas Indonesia. Bahaso mengadopsi kurikulum Common European Framework of Reference for Language (CEFR) yang mengukur tingkat kemahiran berbahasa asing berdasarkan kesepakatan negara Uni Eropa.

 

Nah itu dia berbagai startup pendidikan karya anak bangsa. Kita tentunya harus bangga dengan kontribusi mereka untuk memajukan bangsa Indonesia melalui karya yang mereka hasilkan. Maka dari itu, jangan sia-siakan karya mereka dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV