Daftar Film Lokal yang Sukses Go International

Daftar Film Lokal yang Sukses Go International

Industri film Indonesia patut kita banggakan nih YOTers. Karena, banyak banget film lokal yang bisa bersaing di pasar mancanegara dan bahkan dijajarkan dengan film Internasional lainnya. Nah, film apa saja ya bisa menembus pasar dunia? Inilah daftar film yang sukses go International:

 

  1. Surat dari Praha (Angga Dwimas Sasongko)

Film ini mengangkat kisah tentang tahanan politik yang diasingkan ke Praha karena dirinya terlibat dalam kasus Partai Komunis Indonesia pada tahun 1965. Film yang dibintangi oleh Julie Estelle dan Tio Pakusadewo ini tayang perdana di Jepang, kemudian tayang di Fribourg International Film Festival. Selain itu, film ini juga pernah ikut seleksi sebagai nominee dalam Academy Awards 2017 di Kategori Film Berbahasa Asing atau Foreign Language Film.

  1. Pasir Berbisik (Nan Achnas)

Film yang mengangkat keindahan alam di Kawasan Gunung Bromo ini menjadi salah satu film yang cukup menyita perhatian dunia perfilman Internasional. Berbagai penghargaan internasional diraih oleh film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Christine Hakim ini, seperti Best Cinematography Award, Best Sound Award, Jury’s Special Award for Most Promising Director di Festival Film Asia Pacific 2001, Festival Film Asiatique Deauville 2002 lalu Artis Wanita Terbaik pada Festival Film Antar Bangsa Singapura ke-15 dan Festival Film Asiatique Deauville 2002.

  1. The Raid (Gareth Evans)

Film yang dibintangi oleh Iko Uwais dan Joe Taslim ini tayang perdana di Festival Film Sundance pada 2014. Bahkan, film ini menjadi film Indonesia pertama yang masuk di deretan box office Amerika Serikat dan masuk ke dalam urutan 11 sebagai film yang paling banyak ditonton di AS. Beberapa penghargaan berhasil disabet oleh film ini, seperti Cadillacs People’s Choice Award di Toronto International Film Festival 2012 dan The Best Film serta Audience Award di Jameson Dublin International Film Festival 2012.

  1. Modus Anomali (Joko Anwar)

Selain film terbarunya, Pengabdi Setan yang mampu menembus pasar dunia, Joko Anwar memang dikenal sebagai sutradara yang mampu menghadirkan film horror dengan kualitas terbaik. Salah satunya ialah film Modus Anomali. Film yang dibintangi oleh Rio Dewanto dan Hannah Rasyid ini pernah tayang di SXSW Austin Film Festival 2012 di Texas. Bahkan, film ini juga mendapat pernghargaan Bucheon Award dari Network of Asian Fantastic Film (NAFF) di Korea Selatan.

  1. Prenjak (Wregas Bhanuteja)

Film yang bercerita tentang fenomena mengenai kehidupan ibu-ibu penjual wedang ronde di Yogyakarta pada tahun 1980-an seputar desakan ekonomi ini, mampu mengantarkan Wregas pada festival film kelas dunia. Film Prenjak atau The Year of Monkey ini berhasil menyabet penghargaan sebagai Film Pendek Terbaik di Festival Film Cannes pada tahun 2016.

 

Nah, itu dia YOTers, daftar film lokal yang berhasil go international. Sebenarnya masih ada banyak film lain seperti The Mirror Never Lies, What They Don’t Talk When They Talk About Love, Denias: Negeri Di Atas Awan, Laskar Pelangi dan sebagainya. Yuk, hargai karya sineas film Indonesia dengan menonton filmnya!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV