Dampak Mengkonsumsi Saus Tomat Untuk Kesehatan

Hallo YOTers!
Gimana nih kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat ya. Kalian tau ngga sih, kalau ada negara yang melarang mengkonsumsi saus tomat. Padahal kan, YOTers tau sendiri kalau makan gorengan ngga ada sausnya itu kayak ada yang kurang gitu. Jadi, ngga kebayang sih kalau sampai di Indonesia ada larangan mengkonsumsi saus tomat.

YOTers tau ngga alasan kenapa di negara lain ada larangan mengkonsumsi saus tomat? Buat yang belum tau sama sekali, bisa banget baca artikel ini.

Sebelum membahas mengenai negara yang melarang mengkonsumsi saus tomat. YOTers perlu tau pengertian saus tomat itu apa. Saus tomat adalah saus yang terbuat dari bahan dasar tomat yang sudah masak ditambah gula, garam, cuka dan rempah-rempah seperti cengkih dan kayu manis.

Salah satu negara yang melarang mengjonsumsi saus tomat adalah Prancis. Pemerintah negara Perancis melarang masyarakatnya, terutama anak-anak balita dan murid sekolah dasar, membubuhkan saus tomat pada makanan mereka, terlebih pada masakan khas Perancis. Alasan negara Prancis melarang mengkonsumsi saus tomat karena menurut pemerintah Prancis, saus tomat tidak menambah manfaat namun saus tomat dianggap bisa mengubah rasa makanan khas Prancis. Selain itu, Pemerintah Prancis ingin menjaga rasa asli dari makanan tradisional negara Prancis. Saus tomat tetap dijual belikan di Prancis hanya untuk makanan tertentu seperti kentang goreng. Prancis memberikan larangan mengkonsumsi saus tomat memang sangat wajar sekali. Apalagi saus tomat juga tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

YOTers tau ngga, seberapa bahayanya jika mengkonsumsi saus tomat berlebihan?
Dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari makan saus tomat untuk kesehatan, antara lain sebagai berikut.

1. Hilangnya Vitamin dan Mineral

Saat mengkonsumsi saus tomat, maka bahan makanan yang telah diolah dari sayuran asli yang dimasak, seperti tomat atau cabai. Sayuran tersebut akan disaring untuk mengeluarkan biji dari dalam kulitnya, setelah itu dimasak kembali. Proses masak tersebut dapat berlangsung selama beberapa jam dengan suhu yang tinggi. Hasilnya, semua vitamin dan mineral penting yang terkandung di dalamnya dapat hilang. Sehingga, YOTers hanya mengkonsumsi makanan tanpa manfaatnya sebagai dampak dari makan saus secara berlebihan.

2. Mengandung Sirup Jagung Fruktosa yang Tinggi

Salah satu bahan utama yang digunakan dalam saus adalah sirup jagung fruktosa dengan kandungan yang tinggi. Bahan makanan yang diberi kandungan tersebut sangat tidak sehat dan dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini karena, Jagung yang dihasilkan telah dimodifikasi secara genetik. Sirup jagung dapat meningkatkan kadar gula darah dan dihubungkan dengan obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan berbagai gangguan lainnya. Sehingga itu termasuk dampak buruk dari kebiasaan makan saus.

3. Tidak Memiliki Kandungan Gizi

Dampak buruk lainnya dari kebiasaan makan saus adalah tidak adanya kandungan gizi yang masuk ke tubuh saat mengkonsumsinya. Semua kandungan yang seharusnya ada, namun tidak ada akibat dari saus. Kandungan seperti protein, serat, vitamin, dan mineral menghilang saat proses pengolahan. Jadi, selain hanya untuk menambah cita rasa saat dikonsumsi, tidak ada manfaat lainnya yang dapat diterima tubuh setelahnya.

4. Tingkat Gula yang Tinggi

Hal yang harus YOTers tahu juga jika saus kaya akan kandungan gula yang tinggi. Dalam satu sendok saus botolan, YOTers akan mendapati asupan gula yang mencapai empat gram. Kadar gula tersebut terlalu banyak, terlebih lagi jika YOTers membutuhkan banyak saus dalam sekali makan. Dampak buruk dari makan saus karena terlalu banyak gula yang masuk ke tubuh adalah dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Meski saus tomat memiliki dampak yang sangat berbahaya, akan tetapi saus tomat juga memiliki berbagai manfaat. Manfaat saut tomat diantaranya yaitu Tinggi vitamin dan mineral, Mencegah kanker, Mengatur gula darah, Membuat kulit bercahaya dan menguatkan rambut, dan Mengurangi nyeri.

Setelah YOTers tau bahaya dan manfaatnya, YOTers harus bisa mempertimbangkan mengonsumsi saus tomat ya. Disesuain aja YOTers, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi saus tomat. Mungkin itu dulu yang bisa aku jelaskan mengenai saus tomat. Semoga bermanfaat YOTers, See you on the next artikel!

Penulis: Yesy Noviantari

Sumber tulisan: https://www.halodoc.com/artikel/perlu-tahu-4-dampak-kebiasaan-makan-saus-bagi-kesehatan

Sjmber foto: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170612193125-262-221237/pria-inggris-gelar-pesta-pemakaman-saus-tomat