Ekspektasi VS Realita Menjalani Sidang Skripsi

Sidang skripsi merupakan ujian yang harus dilewati mahasiswa ketika selesai menyusun skripsi. Ujian sidang skripsi menjadi hal terberat yang harus dilalui mahasiswa. Karena menjadi penentu apakah mahasiswa bisa lulus atau tidak. Hal ini membuat banyak berita tentang sidang skripsi tersebar di kampus. Termasuk ekspektasi dan realita yang sering muncul ketika sidang.

Melansir dari laman kampusindonesia, berikut ekspektasi VS realita menjalani sidang skripsi. Simak di bawah ini!

Sidang Lancar

Salah satu ekspektasi yang sering muncul, yaitu sidang akan berjalan lancar. Hal ini karena mahasiswa merasa sudah mempersiapkan dengan baik sidang skripsi. Membuatnya berekspektasi bahwa tidak akan ada kendala ketika sidang. Realitanya, akan selalu ada kendala ketika mahasiswa melakukan sidang. Mulai dari tempat ujian yang bentrok, jadwal dosen yang berubah, hingga kerusakan di tengah presentasi.

Baca Juga:

4 Jurusan Kuliah yang Mustahil Tergantikan Mesin

Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Introvert

4 Jurusan Kuliah Tanpa Ribet Ngitung

 

Prediksi Pertanyaan

Mahasiswa akhir sering membuat prediksi pertanyaan yang akan diberikan. Hal ini membuat mereka belajar teori setiap hari agar siap menghadapi ujian dengan lancar. Mereka berekspektasi bahwa pertanyaan hanya seputar penelitian yang didapatkan. Realitanya, penguji terkadang bertanya kehidupan yang berkaitan dengan teori. Selain itu, terkadang dosen juga akan bertanya mengenai kegiatanmu yang sangat jauh dari prediksimu.

Hanya Seputar Penelitian

Seperti penjelasan sebelumnya, mahasiswa berekspektasi tidak ada pertanyaan di luar penelitian. Namun, terkadang dosen menanyakan teori-teori di mata kuliah tertentu yang berhubungan dengan penelitian. Maka, mengingat teori-teori yang berhubungan dengan penelitian sangat penting bagi mahasiswa akhir.

Lagi cari inspirasi?

Buat kamu yang lagi cari inspirasi seputar kuliah dan karir bisa kunjungi youtube Young On Top. Ada Beragam konten menarik, loh!