Fenomena Terjadinya Hujan Es di Indonesia

Hallo YOTers!

YOTers tau gak, apa penyebab fenomena hujan es di Indonesia? Di artikel kali ini bakalan membahas mengenai fenomena hujan es yang terjadi di Indonesia.

Akhir Februari lalu, peristiwa hujan es di Surabaya yang ramai diperbincangkan di media sosial. Peristiwa hujan es di Surabaya memang bukan yang pertama kali terjadi di Indonesia, akan tetapi di kota lain juga pernah terjadi hujan es.

Menurut BMKG, hujan es (hail) disebabkan oleh awan Cumulonimbus (CB). Awan Cumulonimbus mengandung butiran air super dingin dan partikel es. Sehingga hujan yang turun memiliki kemungkinan untuk jatuh dalam bentuk butiran es. Meskipun demikian, tidak semua Cumulonimbus menyebabkan hujan es, sebagian itu jatuh menjadi hujan es dengan tetesan air.

Menurut situs National Geographic, butiran es ini terdiri dari lapisan-lapisan air yang saling menempel dan membeku  pada bagian atas awan, artinya pada posisi yang sangat tinggi. Proses terbentuknya lapisan es hingga terjadi hujan es adalah sebagai berikut:

1. Butiran es jatuh dari awan.                              2. Butiran es kemudian terdorong oleh angin yang mengarah ke atas sehingga partikel tersebut kembali ke atas.                                      3. Ketika kembali ke atas, tetesan beku tersebut membuat air di sekitarnya membeku dan membentuk lapisan es baru.                          4. Ketika butiran es sudah begitu berat, butiran tersebut jatuh dan membentuk hujan es.

Hujan es di Indonesia umumnya terjadi pada musim pancaroba yang disertai dengan hujan lebat, petir, dan angin kencang. Musim pancaroba adalah masa dimana terjadinya pergantian antara dua musim seperti musim kemarau menuju musim penghujan dan musim penghujan menuju musim kemarau. Hujan es umumnya terjadi dalam waktu singkat, yaitu kurang dari satu jam.

“Hujan es yang disertai badai dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu: kondisi atmosfer yang tidak stabil, jumlah batu es yang meleleh saat terjadi hujan es, dan wind shear atau variasi kecepatan angin.” (Dr. Raupach, 2021: 28-29)

Sehingga, kemungkinan hujan es akan lebih jarang terjadi. Namun, jika hujan es yang disertai badai terjadu maka intesitasnya akan semakin parah. Jadi, kondisi hujan es disetiap daerah akan berbeda-beda.

Sekian penjelasan mengenai Fenomena Terjadinya Hujan Es di Indonesia. Semoga bermanfaat YOTers! See You On The Next Artikel YOTers!

Penulis: Yesy Noviantari

Sumber foto: http://Trinbunnews.com

Sumber informasi : https://www.kompas.com/tren/read/2022/02/22/113913465/fenomena-hujan-es-di-sejumlah-daerah-bmkg-jelaskan-penyebabnya