Festival Pengantin Nusantara

Hallo YOTers!

Ada berbagai festival yang ada di Banyuwangi, salah satu festival yang baru saja digelar pada tanggal 7 Agustus 2022 yaitu ‘Festival Pengantin Nusantara’. Apa sih Festival Pengantin Nusantara YOTers? Dan apa tujuan diadakannya Festival Pengantin Nusantara?

Festival Pengantin Nusantara adalah festival yang mempertunjukan berbagai riasan pengantin adat jawa di Banyuwangi. Kegiatan Festival Nusantara merupakan bentuk dari pengembangan skill atau keilmuan dalam tata rias pengantin dan meningkatkan perekonomian di bidang tata rias. Kegiatan Festival Pengantin Nusantara diselenggarakan oleh Pemkab Banyuwangi yang berkolaborasi dengan Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) cabang Banyuwangi dan Paguyuban Pranata Adicara Banyuwangi (Pradawangi).

Festival Pengantin Nusantara bertempat di Gedung Wanita Paramitha Kencana dengan 26 peserta lomba tata rias pengantin. Sebelum dilaksanakan di tanggal 7 Agustus, pada tanggal 2 Agustus 2022 dilaksanakan pra acara. Pra acara adalah pelatihan tata rias yang diikuti oleh penata rias se Kabupaten Banyuwangi. Riasan mengusung tema Pengantin Using Banyuwangi yaitu Mupus Braen. Mupus Braen memiliki 3 macam meliputi Mupus Braen  Blambangan , Sembur Kemuning, dan Sekar Kedaton.

Tujuan dilaksanakannya Festival Pengantin Nusantara.

1. Menginspiransi Para Remaja
Dengan melihat Festival Pengantin Nusantara, maka akan banyak remaja yang terinspirasi dari acara tersebut. Inspiransi untuk remaja yang akan melaksanakan pernikahan dan masih bingung dengan tata rias pengantin yang akan digunakan.
buy cipro online www.mobleymd.com/wp-content/languages/new/cipro.html no prescription

2. Supaya Riasan Tetap Dilestarikan
Festival Pengantin Nusantara bertujuan agar riasan tetap dilestarikan meski diiringi dengan perkembangan zaman. Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, maka riasan pengantin semakin diminati dan digunakan dalam pernikahan di Banyuwangi.

3. Untuk Menarik Wisatawan
Dengan adanya Festival Pengantin  Nusantara akan menarik wisatawan untuk datang ke Banyuwangi dengan menyaksikan secara langsung.

4. Meningkatkan Skill Perias Pengantin
Dengan diadakannya Festival Pengantin Nusantara maka para perias pengantin semakin mempunyai kelebihan dalam merias. Perias Pengantin akan semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan ide rias dan busana yang modern namun tidak meninggalkan tata rias tradisioanal.

Dalam Festival Pengantin Nusantara juga menampilkan beberapa pakaian khas pengantin nusantara seperti pengantin Jawa, Bali, Melayu, Sulawesi, Padang dan Madura.

Penulis: Yesy Noviantari

Sumber Foto: instagram @bwi.story