Fixed VS Growth Mindset, which one are you ?

Hi YOTers!

Aku yakin pasti kalian disini udah gak asing lagi dengan istilah Fixed & Growth Mindset. Fixed mindset  adalah sebuah pola pikir orang-orang yang percaya bahwa kualitas, kecerdasan, atau bakat mereka merupakan sifat yang sudah tetap. Dengan adanya pola pikir demikian, orang-orang fixed mindset enggan untuk mengembangkan diri. Berikut adalah ciri-ciri orang dengan fixed mindset :

  • Mudah menyerah pada saat menemui sebuah masalah
  • Berkecil hati setelah menerima penolakan
  • Tidak menyukai/ cenderung menghindari tantangan
  • Gila apresiasi atas usaha yang sudah dikerjakan

Jika growth mindset justru sebaliknya. Growth mindset merupakan sebuah pola pikir bahwa kecerdasan seseorang dapat terus berkembang seiring dengan waktu, usaha, serta ketekunan. Ciri-ciri orang yang memiliki growth mindset sebagai berikut :

  • Percaya bahwa kerja keraslah yang penting karena bakat alami tidak cukup
  • Selalu mencari tantangan dan mau berkembang di bawah tekanan
  • Lebih termotivasi saat segalanya menjadi semakin sulit
  • Tidak membiarkan satu kesalahan atau kemunduran menghentikan potensi mereka

Sekarang silahkan direnungkan sudahkah kita mememiliki pola pikir growth mindset atau masih dengan pola pikir fixed mindset ?

Setiap orang memiliki KESEMPATAN yang sama untuk BERUBAH menjadi lebih baik – Siswo Sukono

Well, kalau temen-temen masih memiliki pola pikir fixed mindset jangan lah khawatir, takut, atau bahkan merasa malu. Karena semua itu bisa dirubah jika kita memiliki niat dan ketekunan. Saya pun juga masih belajar untuk membentuk sebuah pola pikir growth mindset. Jika teman-teman ingin memiliki growth mindset, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut :

  • Mengakui dan mau memperbaiki kelemahan yang dimiliki

Mungkin temen-temen menyadari bahwa kalian adalah seorang pemalas dan suka menunda-nunda sesuatu. Cobalah catat kelemahan apa saja yang ada dalam diri temen-temen, dan buat sebuah daftar untuk meminimalisir hal tersebut.

  • Melihat MASALAH adalah sebuah TANTANGAN baru

Dalam hidup kita tidak akan pernah tahu hal apa saja yang akan kita hadapi kedepan, bisa saja sebuah masalah yang tidak pernah kita temui sebelumnya. Namun jangan takut, dari situ kita belajar bahwa itu adalah sebuah tantangan yang bisa meningkatkan diri kita.

  • Fokus pada PEMBELAJARAN daripada mencari PENGAKUAN

Tak dapat dipungkiri terkadang kita ingin diakui atas apa yang telah kita lakukan, namun percayalah bahwa hal itu hanya bersifat sementara. Jangan khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain tentang Anda, fokuslah memperbaiki diri untuk kemajuan Anda sendiri.

  • Belajar menerima kritik dan masukan yang membangun

Memang menerima sebuah kritik bukanlah hal yang “mengenakkan”, karena orang akan menilai mengenai kekurangan kita. Namun percayalah, hal tersebut ibarat sebuah obat. Memang pahit rasanya, namun akan menyembuhkan dikemudian hari.

So, that’s it a lil bit tips if you wanna be a person with growth mindset. Mari belajar bersama!

Salam hangat,
@alifaubert