Gak Bisa WFH? Bukan Pakai Masker, Ini Langkah Tepat Jauhi Covid-19

Gak Bisa WFH? Bukan Pakai Masker, Ini Langkah Tepat Jauhi Covid-19

Hai YOTers! Semangat ya untuk kamu yang gak kerja di rumah atau work from home (WFH) dan masih harus berpergian ke kantor seperti biasa. Nah, di tengah banyaknya hoax yang bertebaran mengenai virus Covid-19 atau corona, kita harus cerdas memilih sumber informasi yang tepat. Salah satunya adalah dari situs resmi WHO.

Berikut ini ada beberapa panduan untukmu yang masih harus berpergian dan sulit untuk melakukan social distancing yang dilansir dari situs resmi WHO, yaitu:

  1. Gunakan masker jika kita sakit disertai gejala Covid-19, terutama batuk atau mungkin kita sedang merawat orang yang mungkin terjangkit Covid-19. Inget, masker sekali pakai itu cuma bisa digunakan satu kali aja.
    buy amoxicillin online https://gaetzpharmacy.com/amoxicillin.html no prescription

    Dengan memakai masker saat gak sakit juga akan membuat persediaan stok masker menipis, padahal banyak orang yang lebih membutuhkan masker, seperti perawat medis dan orang yang sakit.
  2. Cara paling efektif melindungi diri adalah dengan sering mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol, menutup mulut saat batuk dengan siku yang terllipat atau tisu serta menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang yang batuk-batuk atau bersin-bersin.
  3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.
    buy amitriptyline online idhfa.org/fonts/open/new/amitriptyline.html no prescription

    Karena, kita gak tau apakah tangan kita bebas dari virus atau tidak saat menyentuh berbagai benda. Nah, tangan yang terkontaminasi virus ini bisa masuk melalui mata, hidung atau mulut.
  4. Merokok, menggunakan lebih dari satu masker dan minum antibiotik gak efektif melawan covid-19. Antibiotik hanya melawan infeksi bakteri, bukan virus.
    buy strattera online idhfa.org/fonts/open/new/strattera.html no prescription

    Seperti kita tahu, Covid-19 disebabkan oleh virus, sehingga minum antibiotik tidak efektif. Antibiotik hanya digunakan sesuai arahan dokter untuk mengobati infeksi bakteri.
  5. Segera mencari pertolongan medis saat kamu mengalami batuk, demam dan kesulitan bernapas untuk mengurangi resiko terkena infeksi yang lebih parah.

Nah, WHO juga menambahkan pesan agar kita mengisolasi diri jika sudah merasa kurang sehat. Walaupun hanya mengalami gejala ringan seperti sakit kepala, demam berskala rendah (37.3˚ C atau lebih) dan pilek ringan. Kamu bisa beritahu ke atasan, HRD atau rekan kerjamu melalui chat atau telpon mengenai keadaanmu, supaya kamu tidak menginfeksi orang lain. Karena, kamu tidak boleh melakukan kontak fisik.

Tetap ikuti informasi terbaru tentang penyebaran Covid-19 di situs resmi WHO dan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan di daerahmu. Di tengah banyaknya informasi yang bertebaran mengenai penyebaran virus Covid-19, sekali lagi, jangan sampai kamu termakan hoax ya. Untuk sumber yang kredibel, kamu bisa mengunjungi laman resmi WHO yaitu who.int.

Dengan adanya penyebaran Covid-19 ini, saatnya generasi muda dan anak bangsa tampil menyuarakan bahwa dengan prosedur yang tepat, sikap positif bukan saling menghakimi dan menjatuhkan, tidak saling menyalahkan dan terlibat pertengkaran politik, kita bergandeng tangan bersama-sama melewati krisis ini tanpa memperuncing perbedaan politik dan SARA. Karena kita bersama, #IndonesiaKuat!