Gak Cuma Bikin Pinter, Ini Dia Segudang Manfaat Lain dari Hobi Membaca Buku!

Gak Cuma Bikin Pinter, Ini Dia Segudang Manfaat Lain dari Hobi Membaca Buku! young on top

Selamat hari buku nasional! ‘Buku adalah jendela dunia’, pasti sering denger atau liat kalimat ini kan? Yap, bener banget! Dengan membaca, kamu bisa tau semua hal yang terjadi di berbagai belahan dunia. Dengan kata lain, wawasanmu akan semakin bertambah dengan membaca buku.

Nah, selain nambah wawasan, baca buku juga punya segudang manfaat lain lho. Apa aja? Ini dia:

1. Mampu berpikir analitis
Kamu pasti pernah dong mencoba memecahkan atau memikirkan akhir cerita dari buku yang kamu baca? Nah, secara gak kamu sadari hal ini bisa membuatmu berpikir kritis dan analitis untuk mencatat semua detail dan mengungkap kesimpulan dari segala pertanyaan tentang akhir cerita tersebut. Jadi, jelas banget kalo membaca bisa melatih kita dalam memahami rangkaian peristiwa, runutan dan jalannya cerita, sehingga otak kita menjadi lebih mampu memproyeksikan kesimpulan dari informasi yang ada.

2. Meningkatkan kemampuan menulis
Pernah gak, kamu dapet saran untuk rajin membaca buku atau karya orang lain saat bingung atau sulit untuk menulis? Kamu harus ikuti saran itu YOTers, karena dengan membaca, kamu akan mendapatkan bayangan dan inspirasi bagaimana kamu harus menulis. Apalagi kalo kamu baca buku atau karya yang kamu suka banget, pasti bakalan ngaruh banget sama tulisan kamu nanti. Karena, dengan mengamati irama, aliran dan gaya penulisan orang lain akan berpengaruh sama tulisan kamu.

3. Memperbanyak kosakata
Semakin banyak dan sering membaca, kita akan belajar banyak kosakata baru. Nah, dengan membaca dan mengetahui kosakata juga bisa mengembangkan kemampuan kita dalam berbahasa. Selain itu, dengan kaya akan kosakata juga bisa membantu kita dalam berbicara dan mengekspresikan banyak hal. Ini nih yang bakal bikin kita mudah dipromosikan bekerja, karena kita punya bekal public speaking yang baik dan pengetahuan yang luas dari membaca!

4. Meningkatkan daya ingat
Kalo kamu baca novel, kamu pasti ingat sama berbagai karakter, latar sampai watak para tokohnya. Nah, justru dengan ingatan baru berupa karakter, latar dan watak para tokoh dari novel yang kita baca justru bisa menempa memori otak dan memperkuat ingatan yang sudah ada. Selain itu, membaca juga bisa meningkatkan konsentrasi lho!

5. Mengurangi stres & meringankan gejala depresi
Sebuah penelitian mengatakan bahwa 30 menit membaca buku bisa menurunkan tekanan darah, detak jantung dan perasaan tertekan. Bacalah buku yang bisa bikin kita hepi atau cerita inspiratif supaya kita lebih rileks. Selain itu, dengan membaca buku fiksi juga bisa membuatmu berimajinasi melalui para tokoh yang diceritakan. Hal ini dengan sendirinya bisa meringankan gejala depresi.

Nah itu dia segudang manfaat lain dari membaca buku. Masih banyak segudang manfaat lainnya dari membaca yaitu bisa meningkatkan kualitas tidur, mencegah penurunan fungsi kognitif, meningkatkan empati dan masih banyak manfaat lainnya.

Yuk rajin membaca buku mulai dari sekarang. Selamat hari buku nasional!