Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia

Hallo YOTers!

YOTers tau gak, hari ini diperingati sebagai Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia?

YOTers belum tau atau pura-pura gak tau nih? Aku sih nyakin, kalau YOTers pasti tau akan peringatan ini. Di artikel YOT Banyuwangi kali ini, bakalan membahas mengenai Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia. Mungkin sebagian dari YOTers ada yang gak tau mengenai pemeringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia, bisa baca artikel ini sampai selesai ya.

Sebelum ke penjelasan kapan diperingati sebagai Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia. YOTers harus tau pengertian dari degradasi lahan dan kekeringan itu apa? Degradasi lahan merupakan proses penurunan produktivitas lahan yang bersifat sementara atau tetap. Lahan yang terdegradasi kerap disebut lahan tidak produktif, kritis, atau lahan terlantar. Sedangkan, kekeringan adalah suatu kondisi saat ketersediaan air jauh di bawah kebutuhan hidup dalam berbagai sektor, mulai dari ekonomi, pertanian, hingga lingkungan. Keduanya merupakan fenomena alam yang cukup merugikan bagi keberlangsungan hidup manusia.

“Apa saja yang menjadi penyebab Degradasi lahan dan Kekeringan?”

Penyebab Degradasi Lahan, antara lain sebagai berikut:
a. Perluasan lahan yang menabrak habitat hewan liar,
b. Pembajakan tanah berlebihan (erosi mekanis),
c. Pertanian monokultur, Pertanian monokultur adalah adalah salah satu cara budidaya di lahan pertanian dengan menanam satu jenis tanaman pada satu areal.
d. Pembuangan sampah non-biodegradable seperti plastik,
e. Pembersihan lahan, seperti tebang habis dan deforestasi,
f. Hilangnya nutrisi tanah secara permanen akibat praktik pertanian yang kurang baik,
g. Penggembalaan hewan berlebih,
h. Irigasi yang tidak baik dan pengambilan air tanah berlebih,
i. Rebakan kota dan pembangunan usaha komersial,
j. Kontaminasi tanah,Kontaminasi tanah atau pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami.
k. Pertambangan,

Penyebab Kekeringan, antara lain sebagai berikut.
a. Curah Hujan Rendah.
Curah Hujan adalah ketinggian air hujan yang terkumpul dalam penakar hujan pada tempat yang datar, tidak menyerap, tidak meresap dan tidak mengalir. Semakin dekat suatu tempat dengan laut maka curah hujan yang dimilikinya akan semakin tinggi. Sebaliknya, tempat yang jauh dari sumber air maka curah hujannya rendah. Hal ini karena kondensasi awan akan mencir sebelum mencapai tempat tersebut.
b. Kerusakan Hidrologis
Kerusakan hidrologis yaitu kerusakan fungsi dari wilayah hulu sungai karena waduk dan pada bagian saluran irigasinya terisi sedimen dalam jumlah yang sangat besar. Akibatnya, kapasitas dan daya tampung air akan berkurang sangat drastis dan hal tersebut akan memicu timbulnya kekeringan saat datangnya musim kemarau.
c. Global Warming.
Global Warming atau pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.
d. Letak geografis yang tepat di bawah garis katulistiwa.

“Kapan hari ditetapkannya Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia?” 
17 Juni telah ditetapkan sebagai Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia (The World Day to Combat Desertification and Drought) melalui Resolusi Sidang Umum PBB. Peringatan ini bertujuan agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sehingga terhindar dari kekeringan dan bahaya dari degradasi lahan.

“Apa tujuan dari peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia?”
Tujuan dari peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia antara lain sebagai berikut.
1. Memberi informasi kepada masyarakat bahwa masalah lahan kritis bisa diatasi secara efektif dengan solusi tertentu. Faktor utama keberhasilan solusi ini terletak pada partisipasi dan kerja sama seluruh lapisan masyarakat.
2. Memperkuat implementasi Konvensi PBB dalam memerangi desertifikasi (penggurunan) di beberapa negara yang mengalami kekeringan/desertifikasi serius, khususnya di Afrika.
3. Meningkatkan kesadaran publik tentang masalah lahan kritis yang terjadi akibat kekeringan dan degradasi lahan.

Tips yang bisa YOTers lakukan untuk mencegah degradasi lahan, antara lain sebagai berikut.
1. Menjadikan lahan sebagai hutan.
2. Melakukan reboisasi.
3. Membuat saluran pelepas air.

Selamat Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia YOTers!

Degradasi lahan dan kekeringan disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor alami dan faktor manusia. Aktivitas kehidupan manusia berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan. Akibat dari kombinasi faktor alami dan faktor manusia dapat mempercepat kejadian degradasi lahan dan kekeringan. Oleh karena itu, yuk kita sama-sama menjaga planet bumi!

Semoga bermanfaat YOTers, See You On The Next Artikel!

Penulis: Mutiara Tsalisa Izza Nusa dan Yesy Noviantari

Sumber Tulisan:
https://www.idntimes.com/life/education/amp/zihan-berliana-ram-ghani/17-juni-hari-penanggulangan-degradasi-lahan-kekeringan-sedunia-1?page=all