How To be A Designer Without Any Degree!

Halo ! Di era digital ini, banyak banget perusahaan yang hiring untuk posisi yang berkaitan dengan digital dan social media. Contohnya mulai dari web developer, social media officer, content writer, dan yap, DESIGNER! Eits jangan salah, designer juga banyak jenisnya loh(gak cuma desain fashion aja ya!) mulai dari design grafis, desain interior, animasi, multimedia, dan lain sebagainya.

Nah artikel kali ini gue bakal share beberapa hal tentang gimana caranya kita bisa menjadi designer (graphic/multimedia) tanpa harus punya gelar. Check this out!

 

Belajar Basic Design

Semua bidang emang perlu banget dipelajarin dari dasar, karena hal ini yang bakal jadi pondasi ke depannya. Nah di dalam desain, ada beberapa aspek yang perlu kita pelajarin sebelum kita mulai merancang, mulai dari element-element design, komposisi, warna, dan yang lain-lainnya. Oh ya jangan lupa juga untuk sedikit-sedikit belajar sejarah desain grafis Indonesia ya! Untuk lengkapnya, kamu bisa baca buku Desain Grafis Indonesia.

Untuk di tahap ini, kamu bisa banget ambil course berbayar, ada beberapa course yang memang rekomen seperti udemy ataupun skillshare, atau banyak kok di youtube yang gratisan!

 

Belajar Basic Software

Untuk menjadi seorang desainer atau perancang, yang paling jelas kamu harus banget ngerti dan nguasain software-software grafis nih. Ada banyak banget software di luar sana, baik itu berbasis bitmap, ataupun vector, oh ya, untuk rekomendasi, kamu bisa belajar mulai dari photoshop dulu ya YOTers!

 

Cari Project Untuk Portofolio

Nah kalo kamu udah mulai lancer dan ngerasa sanggup untuk eksekusi, ini saatnya take action! Tawarin jasa kamu ke orang-orang terdekat, bisa mulai dari keluarga atau tetangga dulu nih. Di tahap ini ga apa-apa kok kalo kamu emang ga di bayar alias projek 2M ( makasih mas ) karna yaa namanya juga anak bawang, itung-itung sedekah deh! Biar diperlancar kan rezekinya hehehe

 

Show Your Work!

Yesss, yang ini gak kalah penting, show your work! Percuma dong kalo kita udah belajar dan berkarya tapi ga ada yang ngelirik? Kamu bisa aja untuk gunain social media kamu untuk upload-upload portofolio! Nah di sini ga menutup kemungkinan loh, akan  ada orang atau perusahaan yang tertarik sama desain-desain kamu. Well, selamat mencoba, YOTers!