How to Stay Inspired as A Designer or Artist

 

Halo semua! Di Artikel kali ini saya akan coba sharing-sharing tentang gimana saya mendapatkan inspirasi kalo lagi berkarya, entah itu mendesain atau menggambar. Sebelumnya perkenalkan nama saya Fariz, saya multimedia designer di Young On Top, beberapa karya saya bisa dilihat di be.net/farizarafahr atau bisa cek di Instagram @farizarafahr. Ada beberapa banyak cara untuk mendapatkan inspirasi, mungkin bisa dari baca buku, nonton film, denger music, surfing di internet, dan masih banyak lagi, di artikel ini saya akan bahas gimana caranya tetap terinspirasi lewat surfing atau browsing-browsing santai di internet. Check this out!

  1. Pinterest

Yes! Kalian pasti udah pada gak asing lagi dengan media social yang satu ini, Pinterest! Pinterest memungkinkan user untuk ngepin (kaya kita nge pin kertas di sebuah papan) sebuah post atau sebuah gambar yang berasal dari berbagai macam source, Pinterest juga memungkinkan kita untuk memisahkan board2nya loh! Asik banget kan, dengan kaya gini kita jadi bisa mengumpulkan banyak banget refrensi desain atau karya seni dari berbagai macam kategori!

  1. Behance

Behance adalah salah satu platform untuk ajang ‘pamer’ portofolio international loh, di sana kita bisa ngeliat gimana how real designer works, biasanya para designer atau artist di sana selalu melampirkan work in progress mereka saat mengerjakan REAL project. Yes, real project, jadi kalian bener-bener bisa tau dan ngerti apa-apa yang mereka kerjakan, bagaimana prosesnya, apa makna atau filosofi design tersebut, dan lain-lainnya. Oh iya, di sana juga ada fitur pencari kerja loh, jadi bisa banget buat ngelamar atau sekedar liat-liat requirements untuk kerja jadi international designer!

  1. Deviantart

Siapa sih yang gak tau deviantart? Pasti kalian gak asing kan denger platform yang satu ini, yep, platform ini bisa dibilang yang paling senior, karna udah hadir dikalangan para designer dan artist dari tahun 2001, dan memiliki member lebih dari 8 juta member di seluruh dunia! Platform yang satu ini di dominasi oleh seniman visual, bisa jadi komik, animasi, ilustrasi, sampe fotografi. Jarang banget di deviantart ada yang ngepost vector, logo, atau UX/UI design. Jadi untuk kamu yang suka banget sama komik, animasi, atau ilustrasi, klop banget! Cus langsung ke websitenya!

  1. Artstation

Platform yang satu ini bisa dibilang surganya untuk para pecinta game design dan concept artsist! Gimana engga, banyak banget visual artist international yang gabung di platform ini, selain portofolio showcase, di sini juga ada fitur Learning, di mana memungkinkan kamu untuk ikut kelas online mengenai banyak hal tentang digital art! Dari mulai digital painting sampe ke modelling!

  1. Twitter

Hah gak salah baca? Twitter? Haha iya, twitter! Gak cuma sambat dan spill the tea doang hyung! Twitter juga bisa banget buat jadi sumber inspirasi, bahkan, gak jarang designer/artist yang sengaja menunjukan ‘dapurnya’ loh! Kayak share work in progress, working spacenya, sampe bikin thread tutorial juga ada loh!

Nah itu dia gimana cara biar tetep terinspirasi dan tetep semangat dalam berkarya dengan surfing di internet! Kamu ada rekomendasi platform biar tetep semangat dalam berkarya juga? Yuk share di kolom komentar!