INGIN CV MU MENARIK DI MATA RECRUITER? YUK IKUTI LANGKAH INI

source: canva

Curriculum Vitae (CV) menjadi salah satu syarat penting yang dibuat oleh para pencari kerja untuk menunjukkan identitas dan kapabilitas diri terhadap perusahaan yang akan dituju. Seringkali kita kebingungan apakah CV yang dibuat sudah dapat memenuhi kriteria recruiter dalam proses penyeleksian ataukah masih banyak kekurangan yang dilakukan dalam penulisan CV tersebut. Yuk YOTers kita bahas mengenai langkah-langkahnya!

1. Tuliskan identitas secara jelas

Identitas diri merupakan hal utama yang wajib ada pada CV. Namun, banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menuliskan identitas diri dan menuliskan hal yang terlalu personal. Tampilkan identitas seperlunya saja seperti nama lengkap dan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor handphone, email, ataupun sosial media linkedin. Jangan lupa sertakan riwayat pendidikan terakhir yang ditempuh seperti nama universitas, program studi, dan periode pendidikannya.

2. Sertakan pengalaman kerja yang sesuai

Pengalaman kerja yang dimasukkan kedalam CV haruslah yang berkaitan dengan posisi yang akan dipilih dalam pekerjaan tersebut. Ini akan menjadi pertimbangan recruiter dalam proses penyeleksian. Mereka akan melihat posisi dan output apa saja yang pernah kalian lakukan selama bekerja pada posisi tersebut.

3. Cantumkan skill dan pelatihan khusus yang dimiliki

Mencantumkan skill dapat membuat CV kalian akan menjadi menarik. Masukkan skill yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang akan kita lamar secara jelas dan mendetail seperti web desain, UI/UX writer, marketing, dan sebagainya. Pelatihan khusus yang pernah YOTers ikuti sebelumnya juga dapat menjadi nilai tambah dari penilaian CV kalian

Nah itu dia YOTers langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam membuat CV yang menarik. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai buat CV mu karena banyak sekali perusahaan yang sedang menunggu lamaranmu.

Penulis: Daneta Putri Tarigan