Ingin Menjadi Ahli di Suatu Bidang? 5 Cara Supaya Kamu Siap Menjadi Ahli!

Sumber Gambar: Freepik/storyset

Halo YOTers! Pernah gak sih kamu mendengar istilah ahli atau pakar di sejumlah pemberitaan media pada kasus – kasus tertentu di TV / Berita / Jurnal?

Contoh narasinya seperti ini “Pakar gempa Universitas Andalas (Unand) Padang Badrul Mustafa menyampaikan prediksi sejumlah ahli soal potensi gempa bumi magnitudo 8,9 di Sumatera Barat bukan berita baru dan sudah lama diperkirakan namun tidak dapat dipastikan kapan terjadi.” -dikutip dari CNN.

Waahh, kayaknya mereka begitu paham sekali ya? Sampai – sampai, perkataan / statement  dari mereka bisa menjadi rujukan dari suatu masalah. Tapi kamu pernah terpikirkan gak, gimana ya cara mereka supaya bisa menjadi ahli? Atau kamu ingin menjadi ahli  seperti mereka, namun bingung harus mulai dari mana? Nah penulis punya 5 cara nya supaya kamu siap menjadi ahli versi penulis:

1. Tentukan!

Caranya adalah dengan menghubungkan keinginan dan passion kamu. Pastikan kamu sudah menemukan passion kamu menggunakan prinsip ikigai.Apakah kamu sudah baca postingan Penulis sebelumnya tentang menemukan passion menggunakan prinsip ikigai?

Kalau belum, penulis ceritakan sedikit nih, kalau rumus sederhana – nya yaitu PASSION = KEAHLIAN + MINAT. Atau ingin tahu lebih detail? Kamu dapat mengunjungi artikel penulis pada link disini. Jadi kesimpulan – nya adalah orang – orang yang ahli merupakan orang – orang yang bekerja sesuai dengan passion – nya.Karena untuk menjadi ahli perlu mengorbankan waktu, pikiran, dan uang yang tidak sedikit lho!. Maka kamu harus bersungguh – sungguh dari hati yang terdalam untuk melakukan – nya agar bisa berproses, belajar, dan berkembang meningkatkan keahlian yang kamu inginkan.

2. Bermanfaat?

Pastikan bahwa apa yang kamu inginkan mempunyai manfaat untuk diri sendiri di kehidupan sehari – hari. Coba bayangin deh kalau kamu sudah meluangkan banyak waktu, uang, dan pikiran, namun keahlian tersebut ternyata kurang bermanfaat untuk diri sendiri. Alias buang – buang waktu – mu!

Walaupun tidak ada yang namanya ilmu yang tidak terpakai, namun kan sayang juga gak sih? Mungkin bisa saja dialihkan untuk hal – hal yang lain. Atau penulis punya sedikit tips nih, kamu bisa juga memanfaatkan sesuatu yang sedang trend saat ini lho!. Contohnya sekarang sedang trend penggunaan social media untuk keperluan konten masing – masing komunitas / organisasi.

3.  Praktekan!

Wajib banget buat kamu untuk langsung mempraktekan lho!. Kamu nggak akan tahu kalau kamu ahli atau tidak, benar atau salah, kalau kamu tidak langsung mempraktekkannya. Misal untuk kamu Si Kreatif yang punya kemampuan membuat konten tapi masih bingung mau dibawa kemampuan ini. Kamu bisa banget mengasah kemampuan menjadi content creator di salah satu platform milik komunitas / organisasi. Dan jangan lupa, selalu update kemampuan – mu dengan cara belajar dengan teman – teman kamu yang sudah ahli. Atau kamu juga bisa mengikuti online class diberbagai platform. Selain mengasah kemampuan, bisa banget loh dijadikan portofolio buat kamu!

4.  Ulangi!

Ulangi terus ya keahlian kamu!. Supaya kamu selalu ingat dan semakin paham dengan apa yang kamu ingin kuasai. Caranya cukup mudah kok,  bisa kamu lakukan dan praktekan sesuai pada tempatnya secara terus menerus untuk menambah jam terbang! Setelah praktek, kamu bisa lho minta evaluasi dari teman – teman terdekat, supaya kamu tahu letak salah nya dan bisa diperbaiki dilain kesempatan. Nah yang paling penting, kamu harus open minded  ya masukan dari teman – teman, dan jangan baper!. Supaya kamu bisa berkembang ke arah yang lebih baik lagi!

5. Ajari!

Penting banget buat kamu untuk mengajari keahlian yang kamu miliki ke semua orang. Selain berbagi ilmu, hal tersebut memiliki fungsi supaya kamu selalu ingat dengan ilmu – ilmu yang menyangkut tentang keahlian – mu lho!. Dan bisa juga menambah ilmu public speaking kamu. Atau bahkan kamu bisa dapat ilmu baru dari orang – orang yang kamu ajari. Wah pastinya seru dong! niat awal – nya hanya ingin mengajari ilmu, malah mendapat ilmu baru!

Dari kelima point yang penulis berikan, kamu masih bingung karena belum ada contohnya mau mulai dari mana? Gak perlu khawatir, penulis ingin berbagi keahlian versi penulis sendiri nih!

 

Materi Milik Penulis Pribadi

 

Penulis ingin menjadi public speaker yang handal. Tentunya kalau sudah handal, penulis bisa dengan percaya diri untuk membawakan acara sebagai MC / Moderator, atau membawakan presentasi pekerjaan, sangat bermanfaat sekali bukan?.

Penulis juga selalu mempraktekan saat rapat atau hanya sekedar bersosialisasi dengan orang baru. Dan gak cuma sesekali saja lho! Penulis melakukan ini berulang – ulang saat rapat mingguan – bulanan dengan komunitas yang penulis ikuti . Penulis punya motto Learn and Share! Jadi wajib banget untuk berbagi ilmu di berbagai kegiatan, mulai dari seminar sampai mini class.

Nah, pasti kamu udah kebayang dong?. Tenang, penulis sudah membuat template kosong ini untuk kamu lho!. Penulis ingin membantu dan mempermudah kamu untuk menjadi ahli versi kamu.

Materi Milik Penulis Pribadi

 

Setelah kamu sudah mengisi, bisa ditempel di meja belajar, dijadikan wallpaper pada handphone – mu, atau hanya sekedar diingat, tapi awas lho lupa!. Langkah terakhir, yaitu cari dan bergabunglah ke komunitas / perkumpulan yang sesuai dengan keahlian – mu. Dengan kamu bergabung, tentunya kamu bisa berbagi ilmu sekaligus bertukar pikiran dengan teman – teman yang lain!

 

Penulis: Muhammad Arif Arofah – Director Marcomm YOT Bekasi Batch 7 2022

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Ingin Menjadi Ahli Di Suatu Bidang? 5 Cara Supaya Kamu Siap Menjadi Ahli!”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/muhammadarifarofah4696/61ef6bc98700007dec7f1b02/siap-menjadi-ahli

Kreator: Muhammad Arif Arofah